Pelaksanaan HUT Brimob Polri ke 72 dari Upacara Hingga Syukuran Penuh Khidmat dan Kebersamaan

BATAM (Batamraya.com) – Upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 72 Korps Brimob Polri Tahun 2017 di Mako Brimob Polda Kepri pada hari Selasa (14/11/2017) pagi tadi berlangsung khidmat dan penuh kebersamaan dalam suasana hujan yang mengguyur bumi.

Korps Brimob Polri adalah satuan elite kepolisian yang telah berkontribusi aktif bagi bangsa dan negara indonesia semenjak masa perjuangan kemerdekaan. Karena itu, keberadaannya tidak akan pernah bisa dilepaskan dari sejarah berdirinya negara kesatuan Republik Indonesia.

WhatsApp Image 2017-11-14 at 11.49.05 AM

Dengan mengusung Tema Semangat Sinergitas Korps Brimob Polri Mewujudkan Promoter untuk Meraih Kepercayaan Masyarakat, Kapolda kepri Irjen Pol Drs. Sam Budigusdian, MH selaku pemimpin Upacara membacakan amanat Jenderal Polisi Muhammad Tito Karnavian, Ph.D.

Kapolri menjelaskan sejarah awal mula Brimob dari awal masa penjajahan jepang yang membentuk satuan pasukan berkemampuan militer yang terlatih, berdisiplin tinggi, dan terorganisir dengan sangat baik dan dikenal dengan sebutan Tokubetsu Keisatsu kai. Pasukan inilah yang menjadi cikal bakal Brimob Polri, dimana pasca kekalahan jepang kepada sekutu yang ditandai dengan kemerdekaan RI, pasukan ini berganti nama menjadi Mobile Brigade. 

WhatsApp Image 2017-11-14 at 12.22.36 PM

“Ukiran prestasi yang telah ditorehkan oleh korps Brimob Polri dimanapun bertugas, hendaknya menjadi motivasi untuk mempertebal semangat pengabdian kepada masyarakat. Saya berharap kita tidak terlena dengan pencapaian yang telah diraih saat ini, justru sebaliknya menjadi modal untuk berbuat yang terbaik khususnya dalam meraih kepercayaan masyarakat.” Ujar Kapolri melalui Kapolda Kepri.

Kapolri mengatakan, sebelumnya institusi Polri masuk dalam 3 terbawah perihal institusi yang tidak dipercaya, namun saat ini peringkat Polri telah merangkak jauh dan bahkan telah masuk ke dalam jajaran 4 teratas.

“Saya mengharapkan, citra baik polri ini dapat terus ditingkatkan oleh seluruh personel kepolisian, khususnya brimob polri melalui berbagai perannya dalam mengatasi kejahatan berintensitas tinggi, serta dalam berbagai pelayanan kepolisian di banyak medan penugasan.” Tuturnya.

WhatsApp Image 2017-11-14 at 11.50.12 AM

Dari tema tersebut, Kapolri mengindikasikan peran penting Brimob melalui berbagai kegiatan dan upayanya dalam mewujudkan Polri yang semakin profesional, modern, dan terpercaya. Dalam era demokratisasi saat ini, penting bagi polri untuk meraih kepercayaan masyarakat, terlebih di tengah dinamika tantangan tugas yang semakin berat dalam menangani kejahatan berintensitas tinggi. Tantangan tersebut akan menjadi bagian dari tugas Brimob polri seperti penanganan kelompok terorisme maupun Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) pada beberapa wilayah di tanah air, penanganan konflik sosial, maupun gangguan kamtibmas lain yang memerlukan kehadiran pasukan Brimob Polri.

Ia juga menekankan kepada satuan brimob di seluruh indonesia untuk saling bahu membahu melakukan pengamanan dan saling memback-up antara satu dengan lainnya, sehingga pelaksanaan kegiatan secara keseluruhan dapat berjalan dengan aman dan lancar.

WhatsApp Image 2017-11-14 at 11.51.07 AM

“Tunjukkan bahwa Brimob Polri adalah satuan yang solid, berintegritas, loyal, dan dapat diandalkan oleh bangsa dan negara.” Tegasnya.

Selaku pimpinan Polri, Kapolri memberikan apresiasi yang tinggi kepada seluruh personel Brimob, atas segala dedikasi yang telah ditunjukkan selama ini.

“Kepada seluruh jajaran Korps Brimob Polri dimana pun saudara bertugas, saya mengucapkan dirgahayu ke-72 korps Brimob Polri. Semoga Brimob dapat semakin dicintai serta dapat terus bermanfaat bagi kejayaan masyarakat, bangsa, dan negara kesatuan Republik Indonesia.” Tutup Kapolda menyudahi amanat dari Kapolri.

Usai pelaksanaan upacara, anggota Brimob dan TNI mempersembahkan beberapa Peragaan yang disuguhkan kepada para peserta upacara dan tamu undangan, kemudian penampilan peragaan tari Bhayangkari kops Brimob dengan anggota Kops Brimob Polda Kepri.

WhatsApp Image 2017-11-14 at 12.22.31 PM

Selanjutnya Brimob Polda Kepri memasuki acara syukuran dengan Pembagian al quran Brile Kepada Rima Anak Penyandang Tuna Netra yang merupakan Siswa atau siswi sekolah SLB Negeri Batam dan ekolah SLB Berlian Batu Aji Batam.

Dan pada kesempatan yang berbahagia tersebut telah dilakukan Penandatanganan Peresmian Barak Personil Sat Brimob Polda Kepri serta dilanjutkan dengan Pemotongan Tumpeng dan ramah tamah.

WhatsApp Image 2017-11-14 at 11.50.41 AM(1)

Dalam kegiatan upacara tersebut hadir Gebernur provinsi kepulauan riau, Unsur Forkopimda provinsi Kepulauan Riau,Wakapolda kepri, Para pejabat utama Polda Kepri, Ketua Bhayangkari daerah serta pengurus Bhayangkari daerah Kepulauan Riau, Para sesepuh, Purnawirawan, dan Warakawuri korps Brimob Polri, Para pamen, pama bintara, tamtama, dan pns pada korbrimob polri Serta peserta upacara.

No Response

Leave a reply "Pelaksanaan HUT Brimob Polri ke 72 dari Upacara Hingga Syukuran Penuh Khidmat dan Kebersamaan"