39 TKA China di Bintan Jalani Rapid Test Covid-19

oleh

covid

BINTAN, BATAMRAYA.COM – Dinas Kesehatan Bintan di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Galang Batang, Kecamatan Gunung Kijang melakukan tes cepat Virus┬áCorona (Covid-19) atau Rapid Test terhadap sebanyak 39 Tenaga Kerja Asing (TKA) yang baru didatangkan PT Bintan Alumina Indonesia (BAI),┬áRabu (1/4/2020).

Kadinkes Bintan, dr Gama AF Isnaeni mengatakan para TKA itu dilakukan pemeriksaan kesehatan dengan metode skrining awal untuk mendeteksi antibodi, yaitu IgM dan IgG yang diproduksi oleh tubuh untuk melawan Covid-19. Antibodi itulah yang dibentuk oleh tubuh bila ada paparan virus tersebut.

“Tahap pertama Bintan mendapatkan 100 alat Rapid Test. Kini alat itu sudah digunakan untuk 39 TKA sehingga tersisa 61 alat lagi,” ungkap Gama.

Tujuan tes cepat ini untuk memastikan para TKA itu bersih dari Covid-19. Namun pemeriksaannya hanya bersifat skrining atau penyaring bukan untuk mendiagnosa infeksi Covid-19.

Namun apabila ditemukan maka bisa ditindak secepatnya dengan dilakukan tes lanjutan dalam bentuk test swab dan Virus Transfer Media (VTM).

Tapi untuk lanjutan itu penanganannya di RSUP Kepri Raja Ahmad Tabib Batu 8 Kota Tanjungpinang. Sebab di sanalah rumah sakit yang ditunjuk untuk penanganan virus tersebut.

“Tapi hasil tes cepat yang kita lakukan tak ada mendapati TKA yang positif melainkan semuanya negatif,” katanya.

No More Posts Available.

No more pages to load.