Kebakaran Di Lahan Gunung Merbabu Semakin Meluas

aegaegtaggdsgsdgsdgs

Batamraya.com – Hingga hari ini Kebakaran di Gunung Merbabu belum juga padam, jika pada Selasa (16/10/2018) lalu luas area terbakar hanya 100 hektar, kini area yang terbakar meluas hingga 400 hektar, Rabu (17/10/18).

Saat itu warga Thekelan, Desa Batur, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang bersama relawan yang mengetahui langsung berupaya memadamkan kobaran api, namun belum membuahkan hasil.

Kobaran api terus merembet bersamaan dengan angin yang kencang. Bahkan, kebakaran terus meluas hingga sekarang luas lahan yang terbakar lebih dari 100 hektar. Darurat bencana kebakaran yang melanda Gunung Merbabu yang terletak di tiga wilayah Kabupaten Semarang, Magelang, dan Boyolali  ditetapkan selama 14 hari.

Upaya pemadaman kini terus dilakukan dengan mengerahkan helikopter water bombing milik Badan Nasional Penanggulangan Bencana. Selain mengandalkan helikopter water bombing, pemadaman api juga melibatkan sekitar 260 orang dari TNI, Polri, dan lintas relawan dengan cara manual.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Semarang Heru Subroto mengatakan helikopter pengangkut air telah bekerja memadamkan api di wilayah Gunung Merbabu hari ini. Heli pengangkut air tersebut berangkat dari Lanud Ahmad Yani Semarang pada pukul 12.00 WIB menuju lokasi kebakaran gunung setinggi 3.145 Mdpl tersebut, Rabu (17/10/18).

Hingga kini belum diketahui titik pertama munculnya api atau pemicunya, namun seluruh jalur pendakian di wilayah Thekelan sudah ditutup total. Kebakaran terjadi sejak Minggu (14/10/18 dari sisi barat Gunung Merbabu.

No Response

Leave a reply "Kebakaran Di Lahan Gunung Merbabu Semakin Meluas"