5 Pekerja Tewas dalam Kebakaran Kapal Pertamina di Tanjung uncang

BATAM (Batamraya.com) – Terjadinya kebakaran tadi malam, Kamis (7/9/2017) di kapal Gamkonora PT Pertamina mengakibatkan 5 pekerja meninggal dunia.

Kebakaran tersebut terjadi tepatnya di dalam pump room kapal tanker Gamkonora Pertamina yang sedang docking di GT PT. ASL shipyard kelurahan Tanjung Uncang Kecamatan Batuaji Kota Batam sejak hari Rabu (6/9) lalu, namun pengerjaan ripper dimulai hari keesokan harinya, Kamis (7/9) dengan jumlah 6 Karyawan melakukan pekerjaan pembukaan pulp air di pump room kapal Gamkonora.

WhatsApp Image 2017-09-07 at 11.36.41 PM

Atas kejadian tersebut Anggota Polsek Batu Aji dan anggota Polresta Barelang langsung ke tempat kejadian dan memanggil 2 unit Pemadam kebakaran.

Diketahui terdapat 6 Karyawan tersebut bernama Nimrot Hutagalung sebagai formen sedangkan Liwante Hutagalung, Onik Saputram, Faisal Koto, Rusli Tan dan Malik Majida sebagai helper.

Berdasarkan keterangan 1 orang selamat yang kini menjadi saksi bernama Liwaten Hutagalung bahwa sebelum kejadian, Ia bersama korban yang lain bekerja untuk membuka pulp air yang ada di dalam pump room kapal tanker Gamkonora, selain Liwaten dan korban ada juga pekerja dari subcon PT. Hilang jaya yang berjumlah lebih dari 2 orang juga bekerja di pump room tersebut namun mereka bertugas melakukan pemasangan kupingan di pulp air dengan cara me- las nya.

Sebelum melakukan pekerjaan, Liwaten melihat lantai pump room sepertinya belum sepenuhnya di clearing sehingga masih terlihat banyak air dan minyak di lantai tersebut. Selanjutnya menurut Liwaten, akibat percikan api dari pekerjaan pemasangan kuping tersebut terjatuh dan kemudian menimbulkan kebakaran dan asap yang banyak.

Liwaten berhasil selamat karena berusaha kabur dari ruang pump room dengan cara meraba dan mencari tangga untuk naik keatas sedangkan korban yang lain tidak bisa beranjak dari pump room karena asap yang tebal.

“Saya terus berusaha menaiki tangga keluar dari kapal lalu di bantu oleh teman-teman yang ada diluar. “ kata Liwaten kepada Polisi.

WhatsApp Image 2017-09-07 at 11.36.38 PM

Kapolresta Barelang Kombes Pol Hengki menerangkan dari kerjadian ini 5 pekerja tewas ditempat.

“5 Korban yang tertinggal di pump room tidak sempat mengevakuasi diri maka ikut terbakar disana.” Jelas Hengki

Kejadian tersebut masih dalam penyelidikan Sat Reskrim Polresta Barelang dan Jenazah korban di bawa ke RSUD Embung Fatimah batu aji kota Batam dan RS. Bhayangkara untuk keperluan otopsi.

“Saat ini kami masih selidiki penyebab pastinya kebakaran, untuk jenazah korban kami sudah bawa ke rumah sakit untuk di otopsi.” Tutupnya

 

No Response

Leave a reply "5 Pekerja Tewas dalam Kebakaran Kapal Pertamina di Tanjung uncang"