Sea Rider, Kapal Patroli Cepat Terbaru Satuan Brimob Polda Kepri

oleh

BATAM, BATAMRAYA.COM – Satuan Brimob Polda Kepri mendapatkan inventaris baru berupa kapal patroli cepat dan taktis bernama Sea Rider guna kegiatan patroli dan berbagai misi di kawasan perairan.

Kapal ini resmi operasional dijajaran Brimob Kepri pada hari ini Jumat, 31 Desember 2021 setelah tiba beberapa minggu sebelumnya dan setelah pelatihan bagi awak kapal telah selesai dilaksanakan.

Sea Rider adalah salah satu jenis kapal taktis yang dirancang untuk mampu beroperasi di perairan pantai, teluk dan perairan pedalaman sungai dengan fungsi utama sebagai kapal patrol cepat (Fast Patrol Boat) maupun sebagai pangangkut personel dan bekal logistic untuk kepentingan militer/taktis yang dilengkapi dengan alat navigasi dan komunikasi yang canggih.

Bagian sisi lambung dikombinasikan dengan tabung/tube yang terbuat dari bahan jenis HDPE yang dipasang menyatu dengan lambung kapal yang juga terbuat dari HDPE dengan sistem sambungan pengelasan HDPE.


Dalam hal olah gerak, kapal ini memiliki kemampuan yang cukup optimal baik dari segi kecepatan, stabilitas pada saat lintas putar maupun kemampuan memecah gelombang perairan pantai. Dengan ketebalan lambung konstruksi yang ada kapal juga mampu meredam getaran yang ditimbulkan oleh mesin penggerak yang ada.

Tanda mulai operasionalnya kapal ini diawali dengan pelepasan kapal di Dermaga PT. Indo Asean kawasan Jembatan 2 Barelang dengan rangkaian prosesi doa bersama dan penyiraman air kembang pada badan kapal sebagai wujud doa dan harapan agar Allah SWT Tuhan Yang Maha Esa senantiasa memberikan perlindungan dan keselamatan kepada awak kapal dan kapal itu sendiri.

Danyon A Pelopor Kompol Darmin, S.Sos mewakili Dansat Brimob Polda Kepri Kombes Pol. M. Rendra Salipu yang pada saat bersamaan sedang melaksanakan tugas terkait Ops Lilin Seligi 2021, memimpin rangkaian kegiatan launching kapal patrol ini dan dihadiri para komandan dan perwira jajaran Satbrimob Polda Kepri.

Pada kesempatan yang sama juga turut dilakukan uji coba berupa manuver- manuver taktis untuk menunjukkan kelincahan dan kehandalan kapal sea rider ini oleh awak kapal yang sudah mengikuti pelatihan sertifikasi di markas Korps Brimob Polri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.