Rapat Koordinai Lintas Sektoral Polda Kepri Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1437 H

oleh

BATAM (Batamraya.com) – Polda Kepri telah melaksanakan rapat koordinasi lintas  sekrotan dalam rangka Pengamanan Idul Fitri 1437 H tahun 2016, Senin (27/6/2016). 

IMG-20160627-WA0015

Rapat tersebut dilaksanakan di Rupatama Polda Kepri pada pukul 08.30 Wib,  dipimpin oleh Kapolda Kepri Brigjen Pol. Drs. Sam Budigusdian, MH, dihadiri oleh Gubernur Provinsi Kepulauan Riau, Komandan Korem 033/Wira Pratama, Komandan Lantamal IV Tanjungpinang, Komandan Lanud Tanjungpinang, Komandan Guskamlabar, Kepala Badan Intelijen Daerah Provinsi Kepulauan Riau, Para pejabat instansi terkait, para tokoh masyarakat dan tokoh agama provinsi kepulauan riau, para pejabat utama Polda Kepri, para Kapolres/Ta jajaran Polda Kepri, serta seluruh peserta rapat yang hadir.

Dalam Sambutan Kapolda Kepri menyampaikan syukur kepada Allah SWT, Tuhan yang maha kuasa karena dapat melaksanakan rapat koordinasi dalam rangka kesiapan pengamanan Idul Fitri 1437 H tahun 2016 dengan tema “Melalui Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Kita Sinergikan Pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1437 H Untuk Mewujudkan Pelayanan Prima Kepada Masyarakat Provinsi Kepri.”

IMG-20160627-WA0013

9 hari lagi, tanggal 6 dan 7 juli 2016 adalah Hari Raya Idul Fitri 1437 H  jika tidak ada perubahan, tentunya perlu dicermati bahwa akan terjadi peningkatan aktifitas masyarakat khususnya pada saat, menjelang dan setelah hari H, khususnya di tempat perbelanjaan, tempat ibadah umat muslim, bandara, pelabuhan, tempat wisata dan lokasi- lokasi keramaian lainnya.

Sebaliknyan yang menjadi sorotan Kapolda juga pada kekosongan aktifitas pada perumahan khususnya didaerah perkotaan karena ditinggal mudik. Kedua hal tersebut diatas akan berpotensi timbulnya berbagai kerawanan yang akan mengganggu situasi kamtibmas diantaranya yang menimbulkan Peluang bagi pelaku kejahatan untuk melakukan aksinya dengan berbagai modus, Faktor cuaca yang kurang mendukung, Tingginya aktifitas pengguna jalan, Terjadinya korban di lokasi wisata dan penggunaan kembang api/ petasan yang tidak sesuai ketentuan.

IMG-20160627-WA0010

Hal ini perlu diantisipasi dan mendapat perhatian kita bersama, bagaimana langkah – langkah/ solusi yang tepat untuk mencegah/ meminimalisir dan menangani berbagai kerawanan tersebut.

Tujuan rapat koordinasi ini adalah Polisi dituntut untuk mengupayakan untuk menyamakan pola tindak jika terjadi gangguan kamtibmas baik yang bersifat umum atau kontijensi, khususnya terkait keberadaan dan kesiapan personil beserta sarpras pendukungnya di posko yang telah disiapkan serta menentukan jalur komunikasi saat sewaktu waktu dibutuhkan 1 x 24 jam, sehingga jangan sampai terjadi saat masyarakat melaporkan suatu peristiwa/ kejadian namun karena personil dan sarpras/ peralatan tidak siap maka berdampak besar dan meluas yang berujung merugikan semua pihak.

IMG-20160627-WA0009

Mensinergikan perencanaan pengamanan masing-masing Polres/Ta bersama Stake Holder menjadi satu perencanaan yang sifatnya operasional dalam suatu design baik itu terkait jumlah personil yang dibutuhkan, sarpras pendukung, jalur komunikasi dan SOP pengamanan dalam rangka mengantisipasi berbagai permasalahan dan persoalan terkait pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1437 H. Beberapa petunjuk yang sangat mendasar dalam menentukan keberhasilan kita pada pelaksanaan pengamanan yaitu :

  1. Merancang kondisi yang diinginkan serta merumuskan cara-cara yang efektif berdasarkan pengalaman masa lalu agar permasalahan yang terjadi dapat diminimalisir seoptimnal mungkin;
  2. Menyatukan langkah diantara para pemangku kepentingan sesuai peran dan fungsinya, sehingga menjadi mata rantai yang tidak terputus dalam pengamanan dan pelayanan kepada masyarakat.

Untuk pengamanan Idul Fitri 1437 H tahun 2016 ini Polri akan melaksanakan Operasi Kepolisian dengan sandi “ Rahmadniya Seligi 2016 yang dilaksanakan selama 16 hari terhitung mulai tanggal 30 juni s/d 15 juli 2016, untuk gelar pasukan akan dilaksanakan hari kamis 30 juni 2016 di lapangan Engku Putri dengan melibatkan gabungan pasukan dari instansi terkait dan undangan FKPD Provinsi Kepri, dengan harapan agar seluruh FKPD dapat berkenan hadir untuk memberikan semangat kepada anggota kita dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. (Ev)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.