Polda Kepri Gelar Apel Kesiapan Pengamanan Hari Raya Idul Adha 1437 H dan Penanganan Kontijensi Bencana

oleh

BATAM (Batamraya.com) –¬† Jajaran Polda Kepri menggelar Apel Kesiapan Pengamanan Hari Raya Idul Adha 1437 H serta kesiapan¬† Penanganan Kontinjensi Bencana Di Wilayah hukum Polda Kepri di lapangan hijau Polda Kepri, Jumat (9/9/2016) pukul 08.00 Wib.

Kapolda Kepri Brigjen Pol Drs. Sam Budigusdian, MH memimpin langsung kegiatan apel tersebut dan dihadiri oleh Wakapolda Kepri Kombes Pol Drs. Yan Fitri Halimansyah, MH, Irwasda Polda Kepri Kombes Pol Drs. Samuel Balelang, SH, Msi, serta Para Pejabat Utama Polda Kepri dan para personil Polda Kepri.

img-20160909-wa0015

Dalam amanat, Kapolda Kepri menjelaskan bahwa Apel ini sebagai wujud kesiapan Polda Kepri beserta Polres/ta jajaran secara serentak menggelar pasukan beserta ranmor dinas dan sarana prasarananya untuk mengamankan hari besar Idul Adha 1437 yang akan berlangsung pada hari Senin (12/9/2016). Untuk pengamanan ini Polda Kepri mengerahkan sebanyak 3.044 personil Polri serta di dukung oleh Pemda, TNI, Ormas dan LSM serta Pramuka di provinsi Kepri dan Senkom Mitra Polri.

Seperti tahun sebelumnya bahwa setiap hari besar agama islam khususnya Idul Adha maka terjadi peningkatan aktifitas masyarakat baik di tempat ibadah umat muslim, pasar, pertokoan, mall, tempat rekreasi, pelabuhan, bandara dan tempat keramaian lainnya. Hal ini menimbulkan kerawanan gangguan kamtibmas yang perlu segera diantisipasi sehingga tidak berkembang menjadi gangguan nyata.

img-20160909-wa0013

Kapolda Kepri mengungkapkan dari catatan kepolisian sebanyak 410 Kasus Kriminal yang terjadi sepanjang bulan Agustus 2016 di wilayah Kepri dan 109 kasus di daerah rawan bencana telah terjadi di wilayah Kepri.

Berdasarkan catatan diatas, Kapolda mengharapkan kesiapan para personil Polda Kepri untuk mempedomani commander wish Kapolri yaitu dengan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dengan menampilkan sosok polisi yang humanis, serta lakukan inovasi pelayanan dengan berbasis IT.

img-20160909-wa0010

Kemudian jajaran diminta untuk aktifkan kring intel dan deteksi dini terhadap fenomena yang berkembang di masyarakat yang berpotensi menimbulkan gangguan Kamtibmas menjelang maupun pada saat berlangsungnya rangkaian kegiatan hari Raya Idul Adha 1437 H.

Penggelaran kekuatan dengan tepat, pada setiap titik – titik rawan gangguan kamtibmas dan bencana serta lakukan koordinasi dan kerjasama yang mantap dengan instansi terkait dan seluruh komponen masyarakat, sehingga terwujud sinergi, keterpaduan, dan kebersamaan untuk menanggulangi bencana.

img-20160909-wa0012

Jajaran Polda Kepri juga harus Quick respons dalam menindaklanjuti setiap laporan masyarakat dan dengan segera melakukan langkah – langkah kepolisian sesuai sop untuk antisipasi terjadinya gangguan kamtibmas.

“Laksanakan tugas dengan profesional dan proporsional, hindari sikap dan tindakan yang tidak mencerminkan karakter dan jati diri sebagai sosok pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat serta tetap jaga soliditas Polri. Jangan menyalahgunakan senjata api diluar prosedur.” Tegas Kapolda Kepri

img-20160909-wa0016

Dengan adanya penekanan Kapolda Kepri,  maka diharapkan kesiapan pada Peringatan Hari Raya Idul Adha 1437 H dapat mencapai target yaitu terwujudnya rasa aman dan nyaman masyarakat khususnya dalam melaksanakan kegiatan Sholat Idul Adha, pemotongan dan pembagian hewan kurban. (Ev)

No More Posts Available.

No more pages to load.