Meminggirkan Hoaks

oleh

Batamraya.com – Langkah-langkah perang terhadap hoaks yang paling mudah bisa dilakukan oleh semua orang adalah, dengan tidak langsung percaya pada kabar yang sumber dan penyebarnya tidak jelas.

Bila yang membawa kabar adalah ‘orang’, patutlah kita memastikan bawah orang tersebut jelas identitas, kredibilitas dan tentu saja memang layak menyampaikan berita.

1513430679_hoax

Sedangkan bila si penyebar adalah kumpulan orang alias lembaga yang tidak jelas identitasnya, patutlah kita mempertanyakan kabar itu.

Sebagaimana MCA atau saracen, meski menggunakan label ‘muslim’, kita patutlah melakukan verifikasi terhadap kelompok ini sebelum menerima informasi yang disebarkan.

Setidaknya, kita perlu tahu orang yang menjalankan akun ini. Bila orang-orang di balik akun tersebut tidak berani menunjukkan identitasnya, apakah kita pantas mempercayai apapun yang disampaikan?

Karena itu, pantaslah bila Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia Ma’ruf Amin pun menyayangkan ulah sekelompok orang yang telah menggunakan agama sebagai lembaga penyebar berita bohong.

Upaya yang bisa dilakukan semua orang untuk terlibat perang terhadap hoaks adalah, dengan membiasakan melakukan telaah dan verifikasi terhadap kabar yang berhembus melalui beragam media.

Di zaman yang sudah sangat terbuka terhadap akses informasi seperti saat ini, tentunya tidak terlalu sulit bagi siapa saja untuk memastikan bahwa suatu berita benar atau salah. Dengan membandingkan materi berita dari sumber satu dan sumber lainnya, kita bisa tahu bahwa kabar itu benar atau salah.

 

#IndonesiaDamai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.