Lomba Tendin Gasing Natuna meriahkan Hari Bhayangkara ke 76

oleh

NATUNA, BATAMRAYA.COM – Dalam rangka memeriahkan Hari Bhayangkara ke 76, Polres Natuna menggelar perlombaan gasing tendin khas permainan tradisional masyarakat Natuna , Sabtu (25/06/2022).

Kegiatan yang berjudul Pesta Rakyat Hari Bhayangkara ke 76 betempat di Tugu Gasing Kelurahan Bandarsyah. Perlombaan gasing dibuka langsung oleh  Kapolres Natuna AKBP Iwan Ariyandhy, S.I.K., M.H dengan tema “ Polri yang Presisi mendukung pemulihan ekonomi dan reformasi struktural untuk mewujudkan Indonesia tangguh, Indonesia tumbuh.”

Kapolres Natuna Mengatakan maksud dan tujuan dilaksanakan ini bukan untuk mencari siapa paling hebat, tetapi untuk mempererat tali silahturahmi kepolisian bersama masyarakat khususnya para pecinta permainan gasing. Hari Bhayangkara adalah milik kita semua, semoga dengan adanya permainan rakyat lomba gasing ini, dapat mengangkat semangat kita untuk terus dapat melestarikan kearifan lokal daerah Kab. Natuna.

Pertandingan gasing di mulai dengan pertandingan antara Kapolres Natuna, Dan Lanal Natuna, Dandenhanud Kopasgat, Kakansar Natuna dan ikut juga Bapak Nato dan Kuntiu. Pemenang dari lomba gasing ini di unggulkan Bapak Kuntiu namun tidak diduga Kakansar Kab.Natuna Mexianus Bekabel, S.Sos meraih juara satu, juara dua oleh Dan Lanal Natuna Kolonel Laut Arif Prasetyo Irbiyanto dan juara ke 3 diraih oleh Bapak Kuntiu.

Kapolres Natuna meminta agar dapat menjaga permainan rakyat seperti gasing ini. Permainan ini saya lihat bukan sekedar bermain, namun ada silaturahmi dan rasa gotong royong semangat kebersamaan didalamnya. Permainan ini jangan sampai punah, karenanya harus sama-sama kita jaga dan kita lestarikan.sebut Kapolres.

Mari kita junjung  bersama semangat sportifitas, dan rasa tanggung jawab. Kita Rajuk kebersamaan untuk kemajuan Kabupaten Natuna yang kita cintai ini, untuk pemenang kita beri tali asih sebagai pembinaan, agar ini terus menjadi permainan budaya tempatan. tutup Kapolres Natuna.

Adapun jumlah peserta sebanyak 30 orang, jenis pemenang lomba gasing adalah lama berputarnya Gasing tersebut atau tendin. Adapun pemenang lomba Untuk pemain dari masyarakat sebagai berikut
1. Ram dari Ranai Darat
2. Rum Prop dari Ranai Darat
3. Bujang dari Puak
4. Ujang Pani dari Limau Manis
5. Arbaki dari Sungai Ulu
6. Tius dari Ranai Darat
7. Erianto dari Air Raya
8. Si in dari Ranai Darat
9. Wan Aris Munandar dari Ranai Darat
10. M. Nasir dari Beringin Jaya

Hadir dalam kegiatan Lomba Gasing Betendin dalam rangka Hari Bhayangkara ke 76, Kapolres Natuna AKBP Iwan Ariyandy, S.I.K., M.H, Sekda kab. Natuna Boy Wijanarko Varianto, SE, Ketua Pengadilan Negeri Natuna Jonson Prancis, S.H., M. H. DanLanal Natuna Kolonel Laut Arif Prasetyo Irbiyanto, Ketua Komisi 1 DPRD Wan Aris Munandar, Dandenhanud Kopasgat Letkol Pas Frian Alfa Risdar, SM M.I.POL, Kakansar Kab.Natuna Mexianus Bekabel, S.Sos, Wakapolres Natuna Kompol Ferri Aprizon, S.E, PJU Polres Natuna, Bapak. Nato dan Bapak Kuntiu serta Masyarakat pecinta gasing Kab. Natuna

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.