Boston Dynamics Ciptakan Robot Anjing Sebagai Perantara Tim Medis dan Pasien Covid-19

oleh

robot

BATAMRAYA.COM –¬†Beragam cara dilakukan untuk menghindari penyebaran virus corona. Salah satunya dengan menggunakan robot.

Di Amerika Serikat, Boston Dynamics mengembangkan sebuah robot yang bentuknya menyerupai anjing, yang difungsikan sebagai perantara tim medis dengan pasien Covid-19.

Robot anjing yang diberi nama Spot ini pun tengah menjalankan tugasnya sebagai di fasilitator yang mempertemukan tim medis dengan pasien Covid-19 secara virtual di Brigham dan Rumah Sakit Wanita di Massachusetts, Amerika Serikat.

Sebagaimana dilansir laman Mashable, Minggu (26/4/2020), Spot dipersenjatai iPad dan radio dua arah yang diletakkan pada bagian kepalanya, lalu akan berjalan untuk menemui pasien secara langsung. Spot akan menjadi media komunikasi antara petugas kesehatan dan pasien untuk bisa saling tatap muka secara virtual.

Sebelumnya, pihak rumah sakit telah menghubungi Boston Dynamics untuk menjadikan robot besutannya agar difungsikan untuk membantu tenaga medis.

Sejak saat itu, Spot lantas diprogram ulang agar dapat membantu tim medis dalam penilaian pasien yang memiliki gejala awal virus corona. Keberadaan robot anjing ini cukup membantum tim medis untuk melakukan pemeriksaan, karena biasanya tahap pemeriksaan pasien baru membutuhkan hingga lima petugas kesehatan.

Di sisi lain, Boston Dynamics pun membuka software dan hardware robot ini agar bisa membantu lebih banyak lagi petugas medis supaya mereka terhindar dari paparan langsung Covid-19.

Padahal sebelum dipekerjakan di rumah sakit, Spot dirancang untuk membantu mengawasi proses produksi di pabrik-pabrik industri.

Untuk ke depannya, pihak rumah sakit menginginkan agar robot dapat mengembangkan cara-cara baru untuk mengukur suhu tubuh, laju pernafasan, laju denyut nadi, dan saturasi oksigen dari jarak jauh.

Artikel asli : https://www.batamnews.co.id/berita-61934-keren-robot-anjing-ini-jadi-perantara-tim-medis-dan-pasien-covid19.html

No More Posts Available.

No more pages to load.