Wakil Presiden Raih Gelar Kehormatan Sri Perdana Datuk Mahkota Negara dari LAM Kepri

LINGGA (Batamraya.com) –  Wakil Presiden Republik Indonesia Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla mendapatkan gelar kehormatan oleh Lembaga adat melayu Provinsi Kepri sebagai Sri perdana Datuk Mahkota Negara pada hari Minggu (19/11/2017) sore di Kabupaten Lingga Provinsi Kepulauan Riau.

Pemberian gelar tersebut berada dalam kegiatan Sempena mengisytihkan perhelatan memuliakan tamadun melayu antara bangsa yang dihadiri oleh Menpan RB, Gubernur Provinsi Kepri beserta ibu,  Gubernur Jambi Zumi Zola, Bupati Lingga beserta ibu, Bupati Tanjung Jabung Timur provinsi Jambi, Kapolda Kepri, Pangdam Bukit barisan, Unsur FKPD Provinsi Kepri, Serta pejabat Eslon 1 dan Eslon 2 provinsi Kepri, Tokoh masyarakat dan tokoh agama kabupaten Lingga.

WhatsApp Image 2017-11-19 at 9.36.53 PM

Gubernur Kepri dan Bupati Lingga selaku tuan rumah mengucapkan selamat datang dan terimakasih telah hadir memijakan kaki di tanah bunda melayu ini untuk Wakil Presiden RI beserta rombongan.

Bupati Lingga menerangkan bahwa Gugusan pulau di kabupaten Lingga yang terbentang luas, tetapi hanya beberapa saja yang baru berpenghuni, sedangkan pulau-pulau yang kosong itu memiliki SDA yang melimpah.

Ia menjelaskan, Kabupaten Lingga telah berkejasama dengan provinsi Jambi dalam bidang pariwisata, perikanan, dan pertenakan yang akan ditanda tangani surat kerjasamanya. Begitu juga bersama Kementrian pertanian yang telah menunjuk pulau kosong yang akan dijadikan tempat pertanian dan pertenakan serta karantina.

WhatsApp Image 2017-11-19 at 9.36.35 PM

Kemudian Gubernur Provinsi Kepri dalam sambutannya mengatakan, Kepulauan riau terdiri dari 96% lautan,  dan hanya 4% daratan yang terdiri dari pulau-pulau kecil dan besar.

“Semoga dengan kegiatan ini, memotivasi masyarakat Kepri dan khususnya masyarakat Lingga menjadi lebih maju lagi.” Ucap Nurdin

Ia juga mengucapkan terima kasih untuk masyarakat Lingga kepada pemerintah atas pengangkatan gelar pahlawan kepada tokoh di Lingga sebagai Sultan Mahmud Riayat Syah.

Sementara Wakil Presiden Indonesia Jusuf Kalla menggunakan pakaian adat melayu di atas panggung mengucapkan terimakasih kepada masyarakat provinsi Kepri dari wapres Indonesia atas gelar yang telah di sematkan serta penghargaan yang tinggi.

WhatsApp Image 2017-11-19 at 9.36.18 PM

Ia mengatakan budaya melayu telah memberikan andil yang sangat besar bagi bangsa Indonesia dan bahasa melayu menjadi bahasa pemersatu di Indonesia.

“Sumpah setia Melayu – Bugis sangat penting dalam pemersatu bangsa ini, 1 dari timur, 1 dari barat dan di satukan dalam Melayu. Selalu mengenang dan memahami sumpah yang telah ada sejak dulu, karena itu tanda bangsa yang besar.” Ungkapnya.

Menurutnya, Lingga menjadi sejarah yang penting dalam kehidupan kebangsaan semua masyarakat. Sehingga apa yang diharapkan oleh masyarakat dan pemerintah setempat harus segera diwujudkan.

Selanjutnya, di adakan Penandatangan Bukti kerjasama anatara kabupaten Lingga dengan kabupaten Tanjung Jabung provinsi Jambi, Penandatanganan prasati Tugu Agromenapolitan, penandatanganan prasasti pembangunan Gedung Bulog dan Penandatanganan batu bertulis sumpah setia Melayu Bugis.

Dalam acara tersebut hadir juga negara sahabat serumpun Melayu yaitu Malaysia, Singapura, Thailand, Philipina, Kamboja, Vietnam hingga Madagaskar.

No Response

Leave a reply "Wakil Presiden Raih Gelar Kehormatan Sri Perdana Datuk Mahkota Negara dari LAM Kepri"