Wakapolda Kepri : Maknai Upacara Sebagai Pembelajaran Bhayangkara Sejati dari Para Pahlawan

BATAM (Batamraya.com) – Di Senin (19/3/2018) pagi yang cerah ini, Upacara Bulanan Jajaran Polda Kepri telah berlangsung dengan penuh khidmad di lapangan Hijau Polda Kepri.

Kali ini, bertindak sebagai Inspektur Upacara yaitu Wakapolda Kepri Brigjen Pol Drs. Yan Fitri Halimansyah, MH dan upacara dihadiri oleh Irwasda Polda Kepri, Pejabat Utama Polda kepri dan Para Perwira, Bintara, Tamtama dan Aparat Sipil Negara Polda Kepri.

WhatsApp Image 2018-03-19 at 08.23.38

Dalam amanat Kapolda Kepri Irjen Pol Drs. Didid Widjanardi, SH yang dibacakan Wakapolda Kepri, upacara adalah sebuah kegiatan yg sudah dilaksanakan oleh para pendahulu sebelum Indonesia merdeka, sebagai contoh, seperti upacara selamatan kelahiran, upacara selamatan panen dan upacara upacara lainnya.

Upacara yang setiap kali dilakukan mempunyai makna tersendiri yaitu sebagai jati diri bangsa Indonesia yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan sehari hari dan mrupakan cerminan dari nilai-nilai budaya bangsa yang merupakan salah satu pancaran dari bangsa Indonesia.

WhatsApp Image 2018-03-19 at 09.08.06

“Inilah yang merupakan ciri khas yang membedakan kita dengan bangsa bangsa yang lain.” Jelas Wakapolda Kepri.

Lanjutnya, upacara bendera memiliki nilai nilai kedisiplinan dan ketertiban yang tinggi karena dalam pelaksanaan upacara bendera ini telah diatur sedemikian rupa dengan tata upacara yang baku yang melambangkan suatu makna nilai nilai kedisiplinan, keteraturan yang tinggi.

WhatsApp Image 2018-03-19 at 08.23.45

“Dengan begitu, apabila kegiatan ini sudah menjadi bagian dari kehidupan kita selaku Bhayangkara sejati tentunya seluruh perserta harus dapat menjadi tauladan.” Tuturnya.

Dan yang terpenting, upacara bendera juga merupakan suatu bentuk pembelajaran bagi Bhayangkara sejati untuk mengenang jasa para pahlawan yang gugur di medan pertempuran melawan penjajah dan mempertahankan bangsa Indonesia.

“Bagi diri kita para bahyangkara sejati dan para penerus bangsa untuk mampu mengenang jasa para pahlawan yang telah gugur untuk melahirkan negara Indonesia yang kita cintai ini serta mampu mendoakan mereka agar dapat diterima segala amal dan ibadahnya serta mendapat tempat yang layak di sisi Allah SWT.” Tututpnya.

No Response

Leave a reply "Wakapolda Kepri : Maknai Upacara Sebagai Pembelajaran Bhayangkara Sejati dari Para Pahlawan"