Vicon Bersama Ketua Ombudsman RI Bahas Hasil Pelayanan Publik Polri

BATAM (Batamraya.com) – Jajaran Polda Kepri melaksanakan video conference (vicon) bersama Kapolri dan Ketua Ombudsman RI di ruang Vicon Polda Kepri, Rabu (3/1/2018) pukul 09.00 Wib.

Dalam vicon dihadiri oleh  Kapolda Kepri, Wakapolda kepri, Irwasda polda Kepri, Ombusmen RI perwakilan Kepri,  PJU Polda kepri, Kapolresta Barelang dan Kapoles Bintan.

CFB3E599-C069-4EDF-9A6E-A091446FEDCD

Sebelum membahas tentang hasil penilaian standar kepatuhan pelayanan publik oleh Ombudsman RI, Kapolri Prof. Dr. H Tito Karnavian, M.A, Ph,D mengapresiasi tentang penilaian kepatuhan standart pelayananan publik di lingkungan polri. Menurutnya ini sangat penting untuk dilaksanakan Anev internal, Hal hal positif dan kelembagaan sehingga tahun 2018 sudah patokan untuk perbaikan terutama kepada seluruh jajaran ops lilin seluruh Indonesia, kecuali kasus di Sulawesi Selatan. Kapolri berharap agar pelaku cepat ditangkap.

Kemudian Kapolri menyampaikan Berita baik buat Polri,  trend citra lembaga negara kini di awal tahun 2018, Polri berhasil menduduki posisi 3 tertinggi.

“Polri trend paling baik, dari 62,3 menjadi 70.2 naik hampir 8 jika dibandingkan dengan TNI dan KPK.”

Kapolri berharap kepada seluruh jajaran agar terus berusaha agar menjadi posisi 1 atau 2, karena kita instiusiti besar dan tidak gampang.

”Kita harus memiliki kemauan dan pemahaman dari pangkat tinggi sampai pangkat terendah sekalipun, harus dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat.” Ucap Kapolri.

Ia juga mengatakan, Polri mendapat apresiasi dari pemerintah atas kinerja selama ini. Untuk itu, Kapolri menekankan program promoter 3 sekror yakni, tingkatkan kinerja. peningkatan pelayanan publik, penanganan kasus narkoba, perbaikan kultur. Namun pelayan publik menjadi atensi khusus oleh bapak presiden.

Selain itu, Manajemen media juga menjadi sangat penting, menurut Kapolri, opini publik berdasarkan media, penanganan media sosial cyber troops di Mabes dan Polda-polda. untk membangun opini positif kepada polri.

Dalam vicon, hadir Ketua Ombudsman yang di undang Kapolri untuk membahas tentang hasil penilaian standar kepatuhan pelayanan publik. Ombudsman merupakan lembaga yang sesuai aturan dan UU mempunyai kewenangan untuk menilai pelayanan publik.

Kemudian Ketua Ombudsman RI Amzulian Rifai mengucapkan selamat atas pencapaian yang didapat oleh polri dengan kerja keras yang tidak mudah.

“Kami lihat promoter dan bersifat responsif terhadap penilaian dan kerjasama MoU yang tidak diatas kertas.” Kata ketua Ombudsman.

Satu yang menjadi kutipan Ka Ombudsman yaitu democratic policing yang menurutnya bukanlah hasil namun sebagai proses.

Ia mengungkapkan langkah-langkah Ombudsman yaitu tindak lanjut laporan dari masyarakat, investigasi terhadap hal hal yang dianggap perlu dan Survey kepatuhan, prof Adrianus Meliala.

B61BB003-D098-4038-9BB9-05C6E1111281

Usai melaksanakan vicon, Kapolda Kepri memberikan penekanan untuk personil Polda Kepri.

“ Mari kita koreksi dan evaluasi mana yang menjadi ukuran optimal. Kapolri berkata tidak berkenan jika kita terpaku pada jam dinas, laksanakan terobosan kreatif, uji agar bisa kita jual untuk nama baik kita.” Ujar Kapolda Kepri.

Ia berterimakasih atas penghargaan yang diperoleh oleh Kapolres Karimun. Dengan Prestasi yang diraih Polres Karimun ini Kapolda Kepri yakin menjadikan Polres lain senagai contoh untuk mengembangkan inovasi.

Sesuai arahan Kapolri, Kapolda Kepri berharap kepada seluruh jajaran agar bekerja sesuai manajemn yang diajarkan, MOP dan Manajemen disiplin ilmu lain, kepemimpinan.

No Response

Leave a reply "Vicon Bersama Ketua Ombudsman RI Bahas Hasil Pelayanan Publik Polri"