Upacara Peringatan Hari Pahlawan RI Tahun 2017 Polda Kepri, Perkokoh Persatuan Membangun Negeri

BATAM (Batamraya.com) – Jajaran Polda Kepri melaksanakan Upacara peringatan hari Pahlawan tahun 2017 hari Jumat (10/11/2017) pagi di Lapangan Upacara Mapolda Kepri.

Upacara ini rutin dilakukan setiap tanggal 10 November dalam rangka menghormati jasa pahlawan yang memerdekakan Negara Republik Indonesia.

IMG-20171110-WA0026

Dalam pelaksanaan upacara yang dipimpin oleh Kapolda Kepri Irjen Pol Drs. Sam Budigusdian, MH, Kapolda membacakan amanat dari Menteri Sosial Republik Indonesia.

“Hari pahlawan yang kita peringati saat ini didasarkan pada peristiwa pertempuran terhebat dalam riwayat sejarah dekolonisasi dunia, yakni peristiwa “pertempuran 10 November 1945” di Surabaya.” Ujar Kapolda Kepri

Pertempuran tersebut merupakan sebuah peristiwa yang memperlihatkan kepada Dunia Internasional, betapa segenap rakyat Indonesia dari berbagai Ras, suku, agama, budaya dan berbagai bentuk partikularisme golongan bersama-sama melebur menjadi satu untuk berikrar, bergerak dan menyerahkan hidupnya, jiwa raganya untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Hari pahlawan 10 November tahun 2017 ini mengusung tema “Perkokoh Persatuan Membangun Negeri”.

Sejalan dengan tema tersebut Kapolda mengatakan tahapan selanjutnya rakyat Indonesia harus bersatu terlebih dahulu untuk bisa memasuki tahapan bernegara selanjutnya yakni berdaulat, adil dan makmur.

IMG-20171110-WA0043

“Apabila kita mampu bersatu sebagai satu bangsa maka kita dapat maju bersama-sama dan mendistribusikan berkah kemerdekaan bagi seluruh masyarakat Indonesia.” Tuturnya.

Dalam amanat Menteri Sosial RI menyebutkan para pahlawan Indonesia rela mengorbankan dan memberi hidup dan jiwanya untuk tujuan kehidupan bersama.

Seperti Bung Karno mengingatkan berkali-kali dalam berbagai pidatonya, bahwa kehidupan bernegara Republik Indonesia ini hanya bisa terwujud dan menjadi lebih baik dan maju kalau kita semua mau berkorban, mau memberi dan mau mengabdikan hidup untuk merawatnya.

IMG-20171110-WA0011

Persatuan Indonesia bukan hanya sebuah imperatif yang harrus dirawat sebagai suatu bangsa namun lebih dari itu persatuan indonesia adalah sebuah prasyarat bagi rakyat menjadi bagian dari kekuatan yang tengah tumbuh,

“The rising force bersama dengan bangsa-bangsa lain yang saat ini menjadi sorotan kemajuan seperti Cina, India dan Korea untuk menjadi menara-menara baru pembawa obor kemanusiaan yang membawa cahaya baru yang menjadi pandu kemajuan dunia berlandaskan nilai-nilai ketuhanan dan kemanusiaan yang sejalan dengan nilai-nilai dasar negara kita yakni pancasila.” Jelasnya.

Pada kesempatan yang baik tersebut, Mensos RI melalui Kapolda Kepri mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk terus berjuang, bekerja, berkarya menjadi pahlawan bagi diri sendiri, pahlawan bagi lingkungan, pahlawan bagi masyarakat maupun pahlawan bagi negeri ini.

IMG-20171110-WA0006

“Selamat hari pahlawan tahun 2017, Semoga Allah SWT Tuhan yang maha esa senantiasa melindungi bangsa dan Negara Indonesia, Amin.” Tutupnya.

Usai pelaksanaan upacara, Kapolda Kepri memberikan penghargaan kepada para personil yang berprestasi kemudian disusul dengan foto bersama.

 

No Response

Leave a reply "Upacara Peringatan Hari Pahlawan RI Tahun 2017 Polda Kepri, Perkokoh Persatuan Membangun Negeri"