Uniknya Nasi Dagang Khas Kepulauan Riau

nasi dagang 1

Batamraya.com – Bagi para pecinta kuliner pasti pernah mendengar Nasi Dagang, makanan tradisional yang mirip dengan Nasi Kucing. Keduanya sama-sama berisi nasi dan lauk pauk yang dibungkus daun pisang dengan porsi kecil. Bedanya, Nasi Kucing merupakan makanan khas Jawa, sedangkan Nasi Dagang adalah khas Melayu, yang tentunya berpengaruh juga dalam perbedaan jenis nasi dan lauk pauknya.

Nasi Kucing umumnya terdiri dari lauk pauk ati ampela, usus, paru, oseng tempe atau teri, serta bacem tahu tempe. Sedangkan Nasi Dagang ala Kepulauan Riau berupa nasi lemak dengan lauk utama kari ikan tongkol. Terkadang ditambahkan potongan telur rebus.

Beberapa tempat Kepulauan Riau ini menyajikan Nasi Dagang dengan berbagai pilihan lauk sesuai selera selain kari ikan tongkol. Ada Nasi Dagang dengan isian lauk seafood seperti udang, kerang atau ikan bilis, yang umumnya dimasak dengan bumbu balado. Ada pula pilihan telur atau ikan teri campur kacang saja, untuk mereka yang alergi terhadap seafood.

Cara menikmati nasi dagang ini pun sebenarnya berbeda dengan cara menikmati masakan lainnya. Para orang tua terdahulu memakan nasi dagang dengan menggunakan sendok yang dipotong dari ujung daun kemasan nasi dagang ini sebagai sendoknya. Kemasan dan cara menikmati nasi dagang membuat makanan ini ramah lingkungan, dan sehat.

No Response

Leave a reply "Uniknya Nasi Dagang Khas Kepulauan Riau"