Trans Batam Berinovasi Demi Mempermudah Mobilitas Masyarakat

trans batam

Batamraya.com – Demi meningkatkan kenyamanan bagi masyarakat Batam, Unit Pengelola Teknis (UPT) Trans Batam pun berupaya untuk terus berinovasi. Kini, Trans Batam memiliki 72 armada. Dan tahun depan, Trans Batam berencana akan menambah armada sebanyak 10 unit.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Batam, Rustam Effendi mengungkapkan terkait inovasi tersebut, Trans Batam juga telah merencanakan pengembangan metode pembayaran elektronik dalam pelayanan pembayaran Trans Batam.

“Nantinya, Trans Batam tak lagi hanya menggunakan kartu Brizzi saja, namun juga bisa menggunakan saldo Go Pay dan Tcash milik Telkomsel.” ujarnya, Selasa (23/10).

Dengan diciptakannya sistem pembayaran elektronik oleh Trans Batam ini, Rustam berharap sistem ini dapat mempermudah mobilitas masyarakat.

Rustam juga mengklaim bahwa kerjasama dengan pihak Go Pay dan Telkomsel sudah terjalin. Terkhusus untuk telkomsel, disebut Rustam MoU-nya sedang berjalan.

“Awal tahun depan, semua ini sudah bisa terlaksana.” ungkapnya.

Selain digunakan untuk pelayanan pembayaran Trans Batam, Rustam menyebutkan sistem pembayaran tersebut nantinya akan terus di update oleh Trans Batam sehingga memudahkan masyarakat.

Kemudian Rustam mengungkap terkait trayek-trayek angkutan milik swasta, awal tahun depan akan dibenahi. Dishub nantinya akan menerapkan sistem pengumpan dengan menjadikan angkutan umum yang kurang layak, sebagai sarana mengangkut penumpang dari perumahan menuju ke halte-halte Trans Batam.

Dengan sistem pengumpan ini, masyarakat hanya perlu membeli satu tiket untuk menuju ke daerah-daerah yang ada di Batam.

Sebagai contoh, saat ini masyarakat Punggur menuju Sekupang, harus menjalani dua rute Trans Batam dengan menggunakan dua tiket. Namun dengan sistem pengumpan ini, masyarakat hanya butuh satu tiket saja. Dan pastinya, dengan harga jauh lebih murah dibandingkan harus membeli dua tiket.

“Dinas Perhubungan masih terus melakukan pengakajian, agar pelaksanaan sistem pengumpan dan penggunaan transaksi elektronik dapat terlaksana.” tutupnya.

Kini, Trans Batam sudah menjelma menjadi transportasi massa yang aman, nyaman dan modern. Bus-bus Trans Batam pun sudah menyediakan wifi.
No Response

Leave a reply "Trans Batam Berinovasi Demi Mempermudah Mobilitas Masyarakat"