Tingkatkan Partisipasi Pemilih, KPU Batam Kukuhkan 55 Relawan Demokrasi Pemilu

asdfghjkl

Batamraya.com, Batam – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batam mengukuhkan 55 relawan demokrasi pemilu bertempat di i Hotel Baloi, Senin (28/1/19).

Dalam sambutannya, Komisioner KPU Batam Zaki Setiawan mengatakan bahwa tugas relawan ini adalah mensosialisasikan informasi-informasi kepemiluan ke masyarakat. Sehingga mendorong partisipasi pemilih dengan target kehadiran pemilih di tempat pemungutan suara (TPS) sebesar 77,5 persen.

Zaki menambahkan, ada 11 basis sasaran yang terlibat dalam gerakan sosial ini. Antara lain basis keluarga, pemilih pemula, pemilih muda, pemilih perempuan, penyandang disabilitas, pemilih berkebutuhan khusus, kaum marginal, komunitas, keagamaan hingga warganet.

“Sosialisasi yang diberikan kepada para pemilih akan dilakukan secara masif dan intensif oleh KPU Batam dengan tujuan mendongkrak tingkat partisipasi pemilih,” ujar Zaki.

Peran relawan selain mensosialisasikan informasi terkait Pemilu kepada masyarakat, juga untuk meningkatkan partisipasi dan kualitas pemilih dalam menggunakan hak pilihnya dalam pemilu.

“Para relawan ini akan ditempatkan sebagai pelopor demokrasi bagi komunitasnya dan menjadi mitra KPU dalam menjalankan agenda sosialisasi dan pendidikan pemilih berbasis kabupaten/kota,” jelasnya.

Melalui bimbingan teknis (Bimtek) dengan materi terkait kepemiluan, KPU Batam membekali relawan dengan beberapa materi sebagai bahan untuk menjalankan tugas sosialisasi di komunitasnya seperti tentang pentingnya demokrasi, pemilu, partisipasi, tata cara pemberian suara dalam pemilu, pengenalan peserta pemilu, kode etik relawan, serta materi lain yang relevan.

No Response

Leave a reply "Tingkatkan Partisipasi Pemilih, KPU Batam Kukuhkan 55 Relawan Demokrasi Pemilu"