Tim Gugus Tugas Covid-19 Anambas Pastikan Semua Penumpang yang Tiba di Tarempa Negatif Corona

tim gugus covid

ANAMBAS, BATAMRAYA.COM – Tim Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19 Kepulauan Anambas akui semua penumpang feri cepat rute pelayaran Tanjungpinang-Anambas memiliki suhu tubuh normal.

Pasalnya, semua penumpang yang hendak berangkat dari Tanjungpinang, terlebih dahulu dilakukan rapid test. Sesuai syarat yang telah diberlakukan pemerintah terkait aktifnya kembali tranportasi.

“Sebelum mereka berangkat dari Tanjungpinang, tim gugus yang kita wakilkan disana sudah terlebih dahulu melakukan rapid test kepada calon penumpang. Karena itu merupakan salah satu syarat agar bisa berlayar atau kembali ke Anambas. Setibanya disini juga kita lakukan cek suhu tubuh,” ujar Ketua Pelaksana Tim Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19 Kepulauan Anambas, Sahtiar, Kamis (18/6/2020).

Sahtiar mengakui, berlayarnya feri cepat rute Tanjungpinang-Anambas-Tanjungpinang, merupakan permintaan Pemerintah Kepulauan Anambas untuk mengakomodir permintaan masyarakat yang terjebak di Tanjungpinang selama masa pandemi.

“Permintaan pelayaran feri cepat dari Pemerintah Kepulauan Anambas kepada Pengelola Transportasi laut itu hanya 4 kali. Setelah itu, tergantung pengelola apakah ingin tetap berlayar seperti reguler,” jelasnya.

Kepada 124 penumpang fery cepat yang berlayar Rabu (17/6/2020), Tim Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19 telah mengimbau agar melakukan isolasi mandiri. Hal tersebut diakui untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

“Memang sesuai hasil rapid tes dan cek suhu semua normal. Tetapi kita tidak bisa mengesampingkan protokol kesehatan. Kita harus tetap mengutamakan protokol kesehatan. Tidak hanya kepada penumpang yang tiba di Anambas, yang hendak berangkat ke Tanjungpinang pun kita himbau tetap mengikuti protokol kesehatan sebelum berangkat yaitu rapid test dan cek suhu tubuh,” terangnya.

Terkait adanya perbedaan perlakuan terhadap penumpang feri cepat dengan penumpang pesawat, Sahtiar menampik. Pasalnya, semua penumpang yang dari luar Anambas, diimbau tetap melakukan isolasi mandiri, cek suhu tubuh dan memeriksa surat kesehatan sesuai syarat sebagai penumpang.

“Kalau misalnya penumpang tersebut ingin melakukan tugas di Anambas, orang tersebut harus melapor agar segera dilakukan swab. Kalau misalnya hasil swab negatif, yang bersangkutan bisa melanjutkan tugas namun harus tetap mengikuti protokol kesehatan. Tetapi bila masyarakat, kita imbau untuk isolasi mandiri dan juga mengikuti protokol kesehatan,” tegasnya.

Sumber: Batamtoday

No Response

Leave a reply "Tim Gugus Tugas Covid-19 Anambas Pastikan Semua Penumpang yang Tiba di Tarempa Negatif Corona"