Tantangan Polri Dalam Pelaksanaan Pemilu

D0D5F304-8F16-4EBE-AB50-86731D11FE4C

 

Tribratanews.kepri.polri.go.id – Pelaksanan pemilihan umum tahun 2018 akan segara terselenggara pemelihan umum. KPU dan Polri menjadi salah satu ujung tombak dalam pesta Demokrasi agar berjalan aman dan nyaman.

Untuk itu dalam even pemilihan umum baik itu skala nasional (pilpres dan legeslatif) maupun pemilihan umum Daerah. KpU dan Kepolisian harus mensukseskan kegiatan pemilihan umum yang digelar 5 tahun sekali itu, kesuksesan pemilihan umum tidak hanya di lihat dari pengamanan jalanya pemilhan umum saja melainkan juga harus menciptakan pemilu yang jujur, adil dan bebas dari kampanye hitam serta money politik.

Bagi Polri pelaksanaan Pesta Demokrasi selalu jadi tantangan yang harus diselesaikan dengan baik dan aman lantaran tugas Polri yang sebagai aparat pengayom, pelindung, pelayan masyarakat, maupun penegak hukum (sesuai amanat undang undang nomor 2 tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia) untuk menciptakan kondisi dalam negeri yang aman dan tentram.

Maka dalam pelaksanaan kali ini Polri harus mampu mewujudkan kamtibmas yang kondusif sehingga Pelaksanaan Pilkada serentak berlangsung lancar.

Dengan kondisi seperti itu, lanjut dia, masyarakat bisa melaksanakan hak pilih dengan aman dan demokratis.

Selain itu Polri juga memilikii kewajiban pengawalan untuk distribusi logistik pilkada sehingga tidak ada yang tersendat atau terjadinya pelanggaran pelanggaran Politik yang dilakukan oleh kelompok atau orang yang tidak bertanggung jawab Selain itu, kepolisian juga harus menjamin rasa aman penyelenggara pemilu seperti ketua KPU dan Bawaslu dan jajarannya dari pihak pihak yang tidak senang atau tidak terimah terhadap hasil pemilukada pada nantinya.

Kali ini tugas Kepolisian Tidak hanya dalam pelaksanaan Pemilukada saja melain kan juga ada dalam pemilihan Pilpres dan Pemilihan DPR sarta DPD pada tahun setelahnya (2019). Untuk itu kesuksesan Pelkada serentak yang dihelat pada tahun depan (2018) akan menambah rasa percaya diri Polri dan apabila ada kejadian yang dirasa kurang aman dapat di evaluasi untuk kesukaesan pimilu 2018 dan 2019.

No Response

Leave a reply "Tantangan Polri Dalam Pelaksanaan Pemilu"