Speedboat Puskesmas Keliling Tenggelam di Perairan Anambas

kapal puskesmas keliling tenggelam

Batamraya.com, Batam – Insiden itu terjadi pada malam hari sekitar pukul 22.00 WIB di perairan Anambas tepatnya pada koordinat 03°10.391′ N 106°19.003′ E., Kamis (11/10/2018). Lokasi kejadian tersebut dapat ditempuh dalam waktu 30 menit dari Pos Pencarian dan Pertolongan (SAR) Kabupaten Kepulauan Anambas.

Kepala Kantor SAR Natuna, Budiman melalui Kasi Ops, M Yasin mengatakan pihaknya mendapat informasi kejadian tersebut pada Jumat (12/10/2018) dini hari.

“Kapal ini harusnya nggak membawa penumpang, karena puskesmas keliling. Tapi informasinya ada acara di sana, jadi ada masyarakat juga yang ikut menumpang,” tambahnya.

Dalam insiden itu, kapal tenggelam setelah menabrak kayu dan menyebabkan empat penumpang tewas serta dua lainnya hilang.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kepri Tjetjep Yudiana mengatakan, korban yang meninggal bernama Azhar, seorang aparatur sipil negara (ASN) yang bertugas di Puskesmas Pulau Nyamuk dan putrinya yang masih berusia enam tahun. Korban tewas lainnya yakni anak berusia enam tahun putra dari Eko, ASN di Puskesmas Pulau Nyamuk dan apoteker bernama Rindang yang ditugaskan Kemenkes dalam Program Nusantara Sehat.

Informasi juga didapat dari Basarnas Natuna yang mengatakan bahwa speedboat puskesmas keliling ini bertolak dari Pelabuhan Tarempa menuju Pulau Nyamuk dan menduga insiden ini diduga akibat cuaca buruk dan kelebihan muatan, sehingga mengakibatkan insiden tenggelamnya speedboat tersebut.

“Kami menghimbau agar para warga di sekitar perairan Natuna dan Anambas berhati-hati terhadap potensi terjadinya awan tebal dan gelap (Comulonimbus) yang dapat berpotensi cuaca buruk.” ujar Asrul Saparudin, Forecaster Stasiun Meteorologi Ranai.

Beberapa unsur terkait juga melakukan pencarian selain pos SAR Anambas, Lanal Anambas, Polres Anambas, Pol Air Polres Anambas, Pemda Anambas dan Nelayan setempat.

No Response

Leave a reply "Speedboat Puskesmas Keliling Tenggelam di Perairan Anambas"