Sinergitas Subden Jibom Dalam Penanggulangan Gangguan Keamanan di Bandara Hang Nadim

BATAM (Batamraya.com) – Dalam menyikapi maraknya ancaman teror yang terjadi akhir-akhir ini, Kamis (15/12), BP Kawasan Bandara Hang Nadim Batam bersama POLRI/TNI dan Instansi terkait bertempat di Bandara Hang Nadim menyelenggarakan, Simulasi Penanggulangan Keadaan Darurat Keamanan di Bandara Udara Hang Nadim. Dengan tema latihan ” ancaman bom di dalam pesawat yang sedang terbang”.

whatsapp-image-2016-12-15-at-3-59-22-pm

Latihan menggunakan metode aplikasi dan simulasi  disesuaikan dengan tupoksi masing-masing satuan. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kesiapsiagaan seluruh unsur pengamanan dalam menghadapi sebuah ancaman. Demikian ujar manajer security Bandara Hang Nadim Pak Setio Utomo saat rapat koordinasi(14/12) di ruang rapat Bandara.

Sedangkan Detasemen Gegana dalam latihan ini melibatkan 20 Personil dengan kemampuan Jibom yang dipimpin langsung oleh Wakaden Gegana Akp Darmin. S. Sos.  Jadikan momen latihan ini untuk mengukur profesionalisme kita. Jangan pernah menganggap remeh, anggap latihan ini adalah kejadian yang sebenarnya. Ungkap Wakaden saat memberi App sebelum pelaksanaan latihan.

Setibanya dilokasi, semakin terlihat sinergitas serta peran masing-masing unsur pengamanan. Mulai dari siapa yang pam Pesawat, bertugas memasang security line sampai dengan Tim Kesehatan begitu memperlihatkan kerjasama yang baik. Sementara itu unit Jibom dengan sangat hati-hati  mengevakuasi (Ragging) benda yang diduga Bom dari dalam pesawat Asia Link poker 27, dengan aman dan tanpa adanya korban jiwa maupun materi.

whatsapp-image-2016-12-15-at-6-42-59-pm

Sebagaimana kita ketahui bahwa berdasarkan skenario, Pesawat Asia Link pokker 27 yang lepas landas dari Bandara Soekarno Hatta telah dipasangi Bom. Informasi ini diperoleh dari penelpon misterius kepada staff Kargo.

“Alhamdulilah benda yang dicurigai sebagai Bom sudah berhasil kita evakuasi dalam keadaan aman, selanjutnya akan kita lakukan Discruptor. Ujar Wakasubden Jibom Iptu Paisol HS. yang memimpin proses evakuasi.

whatsapp-image-2016-12-15-at-6-42-59-pm1

Hingga selesainya acara simulasi dapat terlaksana dengan tertib, aman dan lancar. Sebagai penyelenggara kegiatan,
Pihak BP Kawasan Bandara Hang Nadim Batam, mengucapkan terimakasih atas kerjasama seluruh pihak terlebih kepada Detasemen Gegana Satbrimob Polda Kepri yang begitu proaktif dalam pelaksanaan latihan ini.

No Response

Leave a reply "Sinergitas Subden Jibom Dalam Penanggulangan Gangguan Keamanan di Bandara Hang Nadim"