Sebagai Pengendalian Internal, Polda Kepri Jalani Wasrik Rutin Tahap II

BATAM (Batamraya.com) – Taklimat Awal Wasrik Rutin Tahap II Itwasda Polda Kepri Tahun 2017 telah dilaksanakan di Rupatama Polda Kepri, Rabu (01/11/2017).

Kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh Kapolda Kepri Irjen Pol.Drs. Sam Budigusdian, MH dan dihadiri oleh Wakapolda Kepri, Para Pejabat Utama Polda Kepri, Para Kapolres/Ta Jajaran Polda Kepri, Tim serta Peserta Taklimat Awal Wasrik Rutin Tahap II Itwasda Polda Kepri Tahun 2017.

WhatsApp Image 2017-11-01 at 10.24.13 AM

“Wasrik rutin merupakan salah satu pengendalian intern yang diselenggarakan di lingkungan polri ini bertujuan guna memberikan keyakinan yang memadai bahwa kegiatan telah dilaksanakan sesuai dengan tolak ukur yang telah ditetapkan secara efektif dan efisien serta kegiatan penilaian atas kemungkinan kejadian yang mengancam pencapaian.”Tutur Kapolda Kepri dalam kata sambutannya.

Pada kesempatan tersebut, Kapolda Kepri mengatakan sasaran wasrik rutin tahap II Ta. 2017 meliputi bidang operasional, sumber daya manusia, sarana prasarana dan anggaran keuangan dengan ruang lingkup pengawasan dan pemeriksaan, yaitu penyelenggaraan SPIP di lingkungan polri, ketidak patuhan terhadap peraturan perundang-undangan meliputi menimbulkan kerugian negara, merupakan perbuatan melawan hukum, tidak dilaksanakan pencatatan administrasi sesuai dengan ketentuan, tidak efektif, efisien dan tidak ekonomis serta tidak punya nilai manfaat, tidak tepat guna, tidak tepat jumlah, tidak tepat tujuan penggunaan, tidak tepat waktu, tidak tepat mutu, dan tidak tepat kebutuhan.

“Untuk para Kasatker dan Kasatwil Jajaran Polda Kepri agar benar-benar mempersiapkan pelaksanaan wasrik rutin itwasda dengan melengkapi dokumen-dokumen pelaksanaan kegiatan selama tahun anggaran 2017.” Ujar Kapolda Kepri

Dilanjutkan Kapolda, Kepada tim wasrik agar bekerja optimal, transparan serta melakukan pemeriksaan dengan teliti, obyektif dan profesional sesuai pengetahuan dan ketrampilan yang saudara miliki dalam melaksanakan tugas wasrik. Oleh sebab itu hasil wasrik tahap II ini diharapkan dapat memberikan manfaat, antara lain meminimalisir setiap penyimpangan dan mengeliminir terjadinya penyalahgunaan keuangan negara dengan memberikan rekomendasi yang tepat dan merupakan solusi penyelesaian terbaik sehingga para kasatker lebih yakin dan tidak ragu-ragu dalam menjalankan tupoksi, mengelola dan menyerap anggaran yang telah dialokasikan serta siap dalam menerima pemeriksaan yang sewaktu-waktu dilaksanakan oleh pemeriksa eksternal maupun internal baik dari Itwasum Polri ataupun BPK RI.

Kapolda Kepri berharap bahwa kegiatan wasrik rutin itwasda polda kepri ini dapat berjalan lancar, profesional, prosedural, dapat dipertanggungjawabkan, transparan, objektif dan independen sehingga dapat meningkatkan kinerja polda kepri menjadi lebih baik dimasa yang akan datang.

No Response

Leave a reply "Sebagai Pengendalian Internal, Polda Kepri Jalani Wasrik Rutin Tahap II"