Satuan Brimob Polda Kepri Gelar Latihan TP-TKP dan Olah TKP Bekerjasama Dengan INAFIS Ditreskrimum Polda Kepri

BATAM, BATAMRAYA.COM – Satuan Brimob Polda Kepri menggelar latihan Tindakan Pertama Tempat Kejadian Perkara (TPTKP) dan Olah Tempat Kejadian Perkara (TKP), Jumat (3/9/2021).

Pelaksanaan kegiatan ini di bekerjasama dengan INAFIS Polda Kepri sebagai Instruktur latihan dengan peserta terdiri dari 20 personel gabungan Batalyon Pelopor dan Detasemen Gegana Satbrimob Polda Kepri .

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa tujuan Tindakan Pertama Tempat Kejadian Perkara adalah Menjaga agar TKP berada dalam keadaan Status Quo yaitu keadaan sebagaimana pada saat dilihat dan diketemukan petugas yang melakukan Tindakan Pertama di TKP serta memberikan pertolongan/ perlindungan kepada korban/anggota masyarakat apabila diperlukan, sambil menunggu Tim Olah TKP datang.

Sementara Olah TKP adalah tindakan petugas kepolisian untuk mencari, mengumpulkan, menganalisa, mengevaluasi petunjuk-petunjuk, keterangan dan bukti yang ditemukan di Tempat Kejadian perkara (TKP) yang berguna memberi arah terhadap penyidikan untuk menemukan pelaku kejahatan.

Dalam pelatihan ini tim instruktur dipimpin oleh Iptu Binsar Tampubolon,S.H. beserta 3 personel dari INAFIS Ditreskrimum Polda Kepri memberikan paparan pengenalan dan dasar hukum TPTKP dan Olah TKP kemudian teori dan metode cara bertindak berikut pengenalan alat alat yang digunakan didalam kegiatan Olah TKP serta kegiatan praktek simulasi Olah TKP.

“ Pelatihan TPTKP dan Olah TKP ini sangat berguna bagi personel Brimob Polri. Dalam pelaksanaan tugas dilapangan tidak menutup kemungkinan akan dijumpai situasi yang mengharuskan personel Brimob melakukan langkah – langkah tindakan pertama di tempat kejadian perkara dalam rangka pengungkapan tindak pidana sebelum Tim Olah TKP dari INAFIS tiba atau dalam situasi tertentu Tim INAFIS mengalami hambatan untuk menjangkau lokasi tempat kejadian perkara guna memberikan arah terhadap penyidikan selanjutnya”, ujar Plh.Kasubbagrenmin Iptu Soegiono

No Response

Leave a reply "Satuan Brimob Polda Kepri Gelar Latihan TP-TKP dan Olah TKP Bekerjasama Dengan INAFIS Ditreskrimum Polda Kepri"