Satbrimob Polda Kepri dan BTKL PP Antisipasi Penyebaran Virus Zika di Pelabuhan International Batam

BATAM (Batamraya.com) – Menindaklanjuti rencana program  kerjasama yang telah di jalin antara Subden KBR Den Gegana Satbrimob Polda Kepri dengan Badan Teknis Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit ( BTKL PP )  kelas 1 Batam, pada hari Sabtu (10/9/2016) pukul 10.00 s/d 14.00 Wib. Kedua instansi tersebut melaksanakan kegiatan  gabungan di Pelabuhan International Batam Center untuk mengantisipasi penyebaran virus Zika.

img-20160910-wa0019

Tim Gerak Cepat BTKLPP Batam berjumlah 5 orang yang dipimpin langsung oleh Bapak Rencana Tarigan dan personil Subden KBR berjumlah 5 orang yang dipimpin langsung oleh Ipda Rifi Hamdani Sitohang, S.Sos selaku Kanit KBR Den Gegana melaksanakan pemantauan terhadap seluruh penumpang yang datang dari Singapura dan Malaysia di Pelabuhan Batam Center. Pemantauan yang dilaksanakan tidak hanya secara fisik namun juga menggunakan  alat khusus deteksi berupa Thermal Scanner yang ada di pelabuhan untuk menscreening suhu tubuh penumpang yang tiba dimana seperti kita ketahui bersama salah satu gejala dari orang yang terjangkit virus zika adalah demam tinggi.

Selain itu team juga memeriksa kesiapan fungsi alat Body Cleaner yang terpasang di pintu masuk ruang tunggu dimana alat ini akan diaktifkan jika ditemukan adanya potensi penularan virus melalui udara ( droplet ).

img-20160910-wa0018

Selama pelaksanaan pemantauan penumpang kapal ferry dari Singapura dan Malaysia, tanpa pemberitahuan lebih dahulu Gubernur Kepri Dr.H. Nurdin Basirun, S.Sos., M.Si tiba di Pelabuhan International Batam Center untuk melakukan SIDAK (Inspeksi Mendadak) terkait kesiapan aparat dan peralatan dalam mengantisipasi penyebaran virus zika dari Singapura dan Malaysia.

Turut serta dalam pelaksanaan sidak tersebut yaitu Kadis Kesehatan Prov.Kepri Tjetjep Yudiana, SKM., M.Kes., Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Batam Center Bamzomi Fauzi dan pihak Pengelola Pelabuhan Batam Center PT.Sinergy Bahari Indonesia.

img-20160910-wa0017

Gubernur Kepri meninjau langsung peralatan deteksi penumpang kapal dari Singapura dan fasilitas lainnya yang ada di pelabuhan serta melihat langsung kesiapan petugas di lapangan dalam mengantisipasi dan mencegah penyebaran virus Zika masuk ke wilayah Kepri khususnya Batam.

“Saya ucapkan terimakasih kepada seluruh petugas dan tim yang telah bekerjasama antar instansi. Tampak sangat kompak dan solid dalam upaya pencegahan penyebaran virus zika ini,” ujar Gubernur Kepri di ruang Lounge Executive Pelabuhan International Batam Center pada saat konferensi pers dengan awak media. ()

No Response

Leave a reply "Satbrimob Polda Kepri dan BTKL PP Antisipasi Penyebaran Virus Zika di Pelabuhan International Batam"