Satbrimob Polda Kepri Bekerjasama dengan Instansi Terkait untuk Antisipasi Penyebaran Virus Zika

BATAM (Batamraya.com) – Dengan merebaknya ancaman virus zika di wilayah Kepri yang berbatasan langsung dengan negara Singapura, pihak Polda Kepri, Satbrimob Polda Kepri mulai mengambil langkah langkah guna mengantisipasi berbagai kemungkinan negatif yang dapat merugikan masyarakat.

IMG-20160907-WA0031

Secara khusus memang penanganan virus ini berada di bawah kendali kementerian kesehatan maupun dinas kesehatan setempat, namun sebagai bagian dari unsur pemerintah yang bertanggung jawab atas keselamatan masyarakat maka secara pro aktif sesuai dengan arahan pimpinan Polda maupun pimpinan di jajaran Satbrimob Polda Kepri, pihak Detasemen Gegana dalam hal ini Subden KBR ( Kimia, Biologi, dan  Radioaktif ) melaksanakan koordinasi dengan Balai Teknis Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit ( BTKLPP ) kelas 1 Batam dengan tujuan untuk dapat mengoptimalkan upaya pendeteksian terhadap agen agen biologi yang dapat membahayakan masyarakat termasuk salah satunya adalah virus Zika.

IMG-20160907-WA0032

Dalam pertemuan di Kantor Balai Teknis Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit  pada hari Rabu (07/09/2016) yang dihadiri oleh Kaden Gegana Satbrimob Polda Kepri AKBP Bambang Wiji Asmoro dan Kepala BTKLPP kelas 1 Batam Slamet Mulsiswanto, selain permasalahan virus zika , dibahas juga beberapa point yang mengarah kepada bentuk kerjasama antar instansi. Kerjasama yang dimaksud meliputi kerjasama di bidang pembinaan peningkatan pengetahuan dalam bentuk workshop dan diskusi maupun kerjasama di bidang operasional dimana pihak BTKLPP memiliki sarana laboratorium pengujian sample darah untuk deteksi virus  maupun agen biologi lainnya termasuk sarana  untuk menguji kadar racun atau bahan berbahaya  yang terkandung di dalam makanan maupun air.

Pada kesempatan itu, Kepala BTKLPP Slamet Mulsiswanto menyambut dengan antusias kedatangan pihak kepolisian dimana disampaikan bahwa salah satu dari tugas BTKLPP adalah melaksanakan surveylance terhadap berbagai potensi penyakit maupun zat zat berbahaya lain yang dapat menimbulkan dampak negatif bagi masyarakat dan hal ini  selaras dengan salah satu tugas pokok Polri umtuk memberikan perlindungan terhadap masyarakat.

IMG-20160907-WA0030

AKBP Bambang W.A selaku Kaden Gegana yang didampingi oleh Kanit KBR Ipda Rifi H. Sitohang S.Sos juga menyampaikan kesiapannya untuk bekerjasama secara aktif dengan pihak BTKLPP baik dalam bentuk pembinaan maupun kegiatan operasional yang membutuhkan kehadiran Subden KBR dimana hal ini juga merupakan salah satu bentuk sinergitas guna pencapaian pelaksanaan tugas yg optimal dalam rangka melindungi masyarakat dari potensi ancaman bahaya dalam bentuk apapun.

Sebagai kegiatan tambahan, Kepala BTKLPP menunjukkan beberapa sarana prasarana yang dimiliki oleh instansinya sembari membahas beberapa rencana kegiatan ke depan bersama Kaden Gegana. ()

No Response

Leave a reply "Satbrimob Polda Kepri Bekerjasama dengan Instansi Terkait untuk Antisipasi Penyebaran Virus Zika"