Roti Kirai, Santapan Lezat Anak Melayu

roti jala

Batamraya.com – Roti Kirai sama dengan Roti Jala yang berasal dari Melayu Sumatera Utara. Namun Roti Kirai terdapat dan terkenal di Kepulauan Riau dengan kuah kari Melayu yang disajikan dengan kari kambing dan acar nanas.

Menurut budayawan M Muhar Omtatok, roti jala atau roti kirai merupakan makanan Melayu yang teradaptasi dari unsur India atau timur tengah.

Roti Kirai dapat Anda nikmati dirumah dengan bahan dan cara yang tidak terlalu sulit untuk dimasak. Campuran tepung terigu dan telur yang dimasak tipis dan dikirai seperti jala serta diacak-acak. Kemudian roti jala atau roti karai di tambahkan kuah kari (kambing atau ayam) atau kuah gulai khas Melayu, tetapi tidak terlalu kental.

Untuk kamu yang baru tau santapan khas melayu yang satu ini, kamu akan mengira bahwa roti kirai ini adalah dadar telur. Ini karena sekilas bentuk roti jala terlihat seperti telur dadar dan bahan yang digunakan adalah telur.

Roti kirai sangat jarang dan susah kita temukan di hari-hari biasa, namun saat Ramadhan kita akan mudah menemukan pedagang yang menjual roti kirai dan biasanya harga yang di tawarkan untuk satu porsinya sekitar Rp. 5000,-.

No Response

Leave a reply "Roti Kirai, Santapan Lezat Anak Melayu"