Ribuan Buruh Warnai Perayaan Mayday dengan Unjuk Rasa di Depan Kantor WaliKota Batam

BATAM (Batamraya.com) – Ribuan Massa  Buruh di Kota Batam menggelar aksi unjuk rasa untuk memperinggati hari Buruh Sedunia (MayDay) di Kantor Walikota Batam, Selasa (1/5/2018).

Adapun massa dari Aksi unjuk rasa yaitu Aliansi SP/SB (KC FSPMI, DPC SPSI, K SPSI dan F LOMENIK SBSI).

B207FE88-22D3-4CEA-A606-78653295AEBA

Sebelum pelaksanaan, aksi massa yang berjumlah kurang lebih 1.280 berkumpul di titik Simpang Polsek Batu Aji, Sei Beduk, Batam Kota, Simpang Cammo Industrial, Simpang Tunas, Sincom Batam Centre, Batu Ampar, Pasir putih Batam Center dan Kawasan Industri Kabil.

Untuk memastikan wilayah kota Batam tetap kondusif, Polda Kepri telah mengerahkan ribuan personil untuk mengawal aksi unjuk rasa yang dilakukan puluhan ribu buruh sempena perayaan May Day.

Hal tersebut dikatakan oleh Kabid Humas Polda Kepri Kombes Pol S Erlangga.

“Keseluruhan ada 2.200 personil yang diterjunkan Polda Kepri dan jajaran Polres untuk pengamanan hari buruh,” kata Kabid Humas Polda Kepri.

Ia juga mengungkapkan bahwa Massa dari aliansi tersebut menuntut Tolak Pepres No. 20 Tahun 2018 tentang Tenaga Kerja Asing,  Tolak Revisi UU No. 13 Tahun 2013, Tolak PP. No. 78 Tahun 2015 dan Meminta Gubernur Kepri untuk segera menetapkan UMSK Batam Tahun 2018.

E170BF31-9EBB-4C6F-B9E2-EADF8F544547

Selanjutnya Kapolda Kepri Irjen Pol Drs. Didid Widjanardi, SH bersama Walikota Batam dan Kapolresta barelang Kombes pol Hengki menemui ribuan massa yang berkumpul. Kemudian mengajak perwakilan massa ke ruang rapat Walikota untuk mediasi dengan perwakilan Aliansi SP/SB Kota Batam.

Walikota Batam Muhammad Rudi mengatakan akan dilaksanakan pertemuan dengan Gubernur provinsi Kepri dan akan dihadiri oleh Walikota Batam, kadisnaker Kota Batam dan perwakilan serikat buruh atau pekerja pada Hari Kamis 3 Mei 2018 pada pukul 09.00 wib di Kantor walikota Batam untuk membahas UMSK Kota Batam.

Usai mendengar jawaban Walikota Batam, ribuan massa pun membubarkan diri dengan tertib. Dalam aksi unjuk rasa kali ini berjalan dengan aman terkendali.

No Response

Leave a reply "Ribuan Buruh Warnai Perayaan Mayday dengan Unjuk Rasa di Depan Kantor WaliKota Batam"