Polres Tanjungpinang Wujudkan Kampung Tangguh Nusantara Berbasis Problem Oriented Policing

kampung sidomulyo1

TANJUNGPINANG, BATAMRAYA.COM – Polres Tanjungpinang dengan support dan dukungan berbagai pihak baik stakeholder dan masyarakat berhasil mewujudkan kampung tangguh nusantara.

Berlokasi di Kp. Sidomulyo Kelurahan Batu IX, Kapolres Tanjungpinang AKBP Muhammad Iqbal, SH, SIK, M.Si didampingi Wakapolres Tanjungpinang Kompol Agung Gima Sunarya, SIK resmi memperkenalkan kampung tangguh tersebut yang dihadiri Pejabat Utama dan Personel Polres Tanjungpinang, Forkopimda Tanjungpinang, tokoh adat, tokoh agama serta masyarakat, Jumat (12/6/2020).

Dalam sambutannya, Kapolres Tanjungpinang AKBP Muhammad Iqbal, SH, SIK, M.Si menyampaikan bahwa kampung tangguh nusantara yang berlokasi di Kp. Sidomulyo ini merupakan pilot project kolaboratif dengan stakeholder untuk melakukan aksi nyata di desa atau kelurahan yang ditunjuk di mana dalam konsepnya menitikberatkan pada peran serta aktif elemen masyarakat baik personal maupun kelompok.

“Tujuan dari pembentukan Kampung tangguh nusantara ini adalah untuk memutus mata rantai penyebaran covid-19 di wilayah tertentu, membangkitkan kesadaran masyarakat dan membangun semangat kebersamaan untuk lebih waspada,” ujar Kapolres.

Selain itu, lanjut Kapolres, guna membangun solidaritas antar sesama warga masyarakat di masa pandemi, meminimalisir dampak sosial ekonomi akibat pandemi covid-19 dengan cara meningkatkan kemampuan dan kemandirian masyarakat serta melakukan sosialisasi kepada masyarakat umum produktif agar dapat kembali bekerja dengan aman.

Adanya wabah covid-19 telah menimbulkan permasalahan berdampak pada ekonomi sosial budaya politik dan harkamtibmas, serta menimbulkan ancaman nyata merugikan masyarakat Indonesia titik untuk itu diperlukan upaya kita bersama membangun ketangguhan masyarakat untuk mencegah penyebaran covid-19, maka koordinat baharkam Polri membuat terobosan membuat pilot project kampung tanggung Nusantara KTN sebagai upaya dalam pandemi virus Corona.

Kp. Sidomulyo dipilih sebagai lokasi kampung tangguh nusantara karena memenuhi beberapa ktiteria yaitu:
1. Tangguh dalam kedisiplinan.
2. Tangguh dalam religi.
3. Tangguh dalam swasembada pangan (bercocok tanam atau peternakan)
4. Tangguh dalam kepedulian antar sesama.

Dengan dibentuknya kampung tangguh nusantara ini diharapkan kerjasama dan keterlibatan seluruh elemen masyarakat, perangkat kelurahan dan Forkopimda sehingga apa yang kita harapkan dapat terlaksana dengan aman dan lancar serta masyarakat dapat mempunyai kemampuan dan kemandirian untuk menyelesaikan permasalahan yang ada di wilayahnya.

kampung sidomulyo

Nantinya akan dilaksanakan peresmian kampung tanggung nusantara yang dilaksanakan secara serentak pada tanggal 1 Juli 2020.

Kapolres Tanjungpinang pada kesempatan tersebut menyerahkan secara simbolis pupuk pertanian dan bantuan kepada masyarakat.

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan peninjauan lokasi ketahanan pangan di Kp. Sidomulyo antara lain kebun jagung, cabe, singkong dan pisang. Kemudian dilanjutkan dengan peninjauan kantor / posko kesehatan kampung tangguh nusantara.

No Response

Leave a reply "Polres Tanjungpinang Wujudkan Kampung Tangguh Nusantara Berbasis Problem Oriented Policing"