Politik Uang Cara Gampang Untuk Menang

download

Batamraya.com – Pesta demokrasi rentan disusupi dengan praktik politik uang. Politik uang dipercaya efeektif untuk mendapatkan saura dengan cara yang instan. Pilkada serentak tahun ini juga tak lepas dari ancaman politik uang. terlebih lagi masa kampanye yang berdekatan dengan masa lebaran semakin membuka peluang terjadinya politik uang.

Melihat data laporan praktik politik uang pada pilkada 2015 tercatat sebanyak 493 kasus sedangkan pada tahun 2017 tercatat sebanyak 600 kasus. Melihat tren dari tahun 2015 ke tahun 2017 akibat dari politik uang ini adalah soal korupsi, akal pangkal dari korupsi adalah  politik transaksional. Ketika proses demokrasi diawali dengan politik transaksional maka yang terjadi pejabat koruptif.

Hal ini merupakan tanggung jawab bersama baik penyelenggara dan masyarakat yang juga memiliki peran pentng dalam menentukan hak pilih pada hari pencoblosan dibilik suara. dimana Pilkada merupaka suatu proses untuk mencari pemimpin yang terbaik. dari segi tanggung jawab, kapasitasnya  dan kemampuannya.

Tapi sayang proses demokrasi ini sering dinodai oleh angka-angka untuk mempengaruhi rakyat dalam memilih. karena saat ini sebagian komponen masyarakat belum cukup cerdas untuk terlibat dalam demokrasi.  Bawaslu sebagai penyelenggara pemilu berkomitmen untuk terus melakukan tindakan tegas jika ada pelanggaran dan terbukti unsurnya. Dengan administrasi Bawaslu akan mendiskualifikasi dan dengan kewenangan pidana Bawaslu akan menindak serta mealkukan upaya pencegahan.

Politik uang adalah pembajakan demokrasi maka kira semua harus sepakat bersama memberantas politik uang. Untuk para calon Kepala Daerah luruskan motivasi untuk menjadi pemimpin yang  melayani dan bekhimad kepada masyarakat. Rakyat diharapkan jangan memilih pemimpin yang membayar dengan instan.

No Response

Leave a reply "Politik Uang Cara Gampang Untuk Menang"