Polda Kepri Melaksanakan Upacara Peringatan Hari Pahlawan

BATAM (Batamraya.com) – Setiap Tanggal 10 November, Bangsa Indonesia memperingati hari pahlawan, sebagai momen reflektif untuk memberi makna atas pengorbanan para pahlawan kusuma bangsa, dengan menyalakan jiwa kepahlawanan dalam perjuangan mengisi kemerdekaan.

Hari ini, jajaran Polda Kepri telah melaksanakan Upacara peringatan hari pahlawan di lapangan Hijau Mapolda Kepri, Kamis (10/11/2016). pukul 07.00 Wib.

img-20161110-wa0013

Wakapolda Kepri Kombes Pol Didi Haryono sebagai pemimpin Upacara dan dihadiri para Pejabat Utama, Para Personil Polda Kepri dan PNS Polda Kepri.

Wakapolda menyampaikan Amanat dari Meneteri Sosial RI Khofifah Indar Parawangsa. Dalam amanat Wakapolda menyebutkan visi Transformatif yang  sejalan dengan orientasi trisakti dalam pemerintahan presiden Jokowi dan Wakil Presiden H. M Jusuf Kalla. Visi tersbut berbunyi “Terwujudnya Indonesia yang berdaulat, mandiri dan berkepribadian berlandaskan gotong-royong”.

img-20161110-wa0014

Dalam amanat presiden pada ulang tahun proklamasi kemerdekaan indonesia, 17 Agustus 1956, setahun setelah pemilihan umum pertama tahun 1955, Bung Karno menjelaskan tiga fase revolusi bangsa. Dua fase telah dilalui dengan berhasil, dan satu fase lagi menghadang sebagai tantangan. Indonesia telah melewati taraf physical revolution dan taraf survival.

“Melalui momentum peringatan hari pahlawan 10 November 2016 yang dilaksanakan dengan berbagai kegiatan, kita dapat mengambil makna yang terkandung didalamnya dengan meneladani nilai-nilai luhur yang diwariskan kepada kita semua seperti : taqwa kepada Tuhan YME,  pantang menyerah, jujur dan adil, percaya kepada kemampuan sendiri serta kerja keras untuk membangun Indonesia yang sejahtera sebagaimana cita-cita para pahlawan bangsa.” Tutur Wakapolda Kepri.

img-20161110-wa0016

Hal ini sejalan dengan tema hari pahlawan 2016 yaitu Satukan Langkah untuk Negeri. Tema ini juga mengandung pesan kepada kita semua untuk bersatu dalam kebersamaan dan kebersamaan dalam persatuan untuk mewujudkan cita-cita negeri yang kita cintai ini.

Selain itu melalui peringatan hari pahlawan 2016 sebagai bangsa yang besar, bangsa yang harus menghargai jasa para pahlawannya, peringatan hari pahlawan diharapkan pula dapat lebih membangkitkan semangat kebangsaan, menumbuhkembangkan nilai-nilai kepahlawanan serta meningkatkan kecintaan kepada tanah air kita dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia.

img-20161110-wa0009

“Pada kesempatan yang baik ini kami mengajak kepada seluruh lapisan masyarakat untuk terus berjuang, bekerja, berkarya menjadi pahlawan bagi diri sendiri, pahlawan bagi lingkungan, pahlawan bagi masyarakat maupun pahlawan bagi Negeri ini, selamat hari pahlawan tahun 2016.” Wakapolda Kepri menutup amanat upacara.

No Response

Leave a reply "Polda Kepri Melaksanakan Upacara Peringatan Hari Pahlawan"