Polda Kepri, Awak Media dan Netizen berkomitmen Melawan Hoax

WhatsApp Image 2017-02-22 at 12.35.03Batam(batamraya.com). Kepolisian Daerah Kepulauan Riau melalui Bidhumas Polda Kepri dan IJTI (Ikatan Jurnalistik Televisi Indonesia) Provinsi Kepulauan Riu mengadakan kegiatan Coffee Morning Kapolda Kepri  Irjen Pol. Drs. Sam Budigusdian, MH dengan awak media dan Netizen Kota Batam. Kegiatan yang dilaksanakan di Morning Bakery itu berlangsung sejak pukul 09.00 wib sempai dengan 11.30 wib (22/2/2017).

Coffee Morning yang dipimpin oleh Kapolda Kepri dan dihadiri oleh Wakapolda Kepri serta perwakilan dari pejabat utama Polda Kepri dan awak media dengan Netizen Kota Batam itu mengambil tema melawan hoax.

Dalam acara tersebut Kapolda Kepri selaku pimpinan dalam acara tersebut menyampaikan paparan berkaitan dengan informasi Hoax dimana hoax meruapakan ancaman terbesar indonesia karena berita hoax dapat merusak dan mempengarui pemikiran manusia (opini) secara masal dan singkat.

Selain itu dalam paparanya Kapolda Kepri Irjen Pol. Drs. Sam Budigusdian, MH juga menjelasakan dampak dari berita hoax seperti halnya presentasi yang di gagas oleh Riset UNODC Waresocial, org APJI, 2016 Times Indonesia, 2016  ID-SIRTII, 2016, Kemenkominfo, Bareskrim, Polri bahwa berita hoax dampaknya 43,5 % sangat menggangg, 41 % mengganggu dan 15,4 tidak mengganggu.

Setelah paparan dari Kapolda Kepri  dalam acara tersebut juga diisi oleh narasumber dari praktisi hukum bapak Rumbadi Dalle, S.H, M.H. dalam paparan tersebut bapak rumbadi menyampaikan tentang penyebaran hoax dan penyebaranya.

WhatsApp Image 2017-02-22 at 12.35.34WhatsApp Image 2017-02-22 at 12.35.53WhatsApp Image 2017-02-22 at 12.36.50WhatsApp Image 2017-02-22 at 12.36.16

Menurutnya bahwa hoax terjadi bukan hanya sekarang saja tapi sebelum 1600 an sudah ada yang namanya hoax dimana strategi hoax tersebut digunakan untuk pemasaran penerbitan cerita  berjudul Trevel Into Several Remote Nation Of The Word. Selain itu pemaparan yang di sampaikan oleh mantan wartawan kompas itu juga menyampaikan hal yang menjadi dampak utama adanya hoax diantaranya adalah Dibidang Politik, Sains, ekonomi, sosial maupun hiburan dan lain-lain. Hoax tentu saja merugikan banyak pihak akrena berita atau informasi yang disampaikan tidak sesuai dengan kenyataan atau beritanya bohong.

Kegiatan yang berlangsung kurang lebih 3 jam itu berjalan dengan lancar dan meria dimana sebelum acara coffee morning ditutup moderator acara membuka sesi tanya jawab yang disampaikan rekan rekan wartawan dan Netizen kepada  Kapolda Kepri dan narasumber. Dimana sesi tanya jawab di awalai dari pertanyaan saudara Akhirudin Purba dari Netizen P4wb. Dan dari wartawan wartawan lain kurang lebih ada 5 pertanyaan dimana perntanyaan yang disampaiakan adalah tentang masukan-masukan dalam melawan hoax dan strategi yang harus dijalankan.

Setelah acara sesi tanya jawab kegiatan caffee morning ditutup dengan sesi fotobersama Kapolda Kepri dan awak media beserta dengan Netizen. (ig)

No Response

Leave a reply "Polda Kepri, Awak Media dan Netizen berkomitmen Melawan Hoax"