Polda Kepri Apel Gelar Pasukan Ops “Ramadniya” Ramadhan dan Hari Raya di Lapangan Engku Putri

BATAM (Batamraya.com) – Jajaran Polda Kepri Bersama Instansi terkait lainnya melaksanakan Apel Gelar Pasukan Pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1437 H tahun 2016 di Lapangan Dataran Engku Putri Batam Centre, Kamis (30/6/2016) pukul 16. 00 Wib.

IMG-20160630-WA0044

Apel gelar pasukan ini juga dilaksanakan secara serentak oleh seluruh polda dan polres di Indonesia bertujuan untuk mengecek kesiapan akhir personel beserta kelengkapannya, baik dari Polri maupun unsur terkait serta segenap potensi masyarakat yang terlibat dalam pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1437 H.

Personil Polda Kepri yang terlibat sekitar 3000 orang secara langsung maupun tidak langsung serta didukung unsur terkait yaitu TNI, Pemerintah Daerah Prov. Kepri, satpol PP, BP Batam, Dishub Kota Batam, Damkar, Organisasi/LSM, Pramuka, Tim SAR dan elemen masyarakat lainnya berada di lapangan Engku Putri.

IMG-20160630-WA0045

Sandi operasi dalam rangka pengamanan Hari Raya Idul Fitri yang selama ini di kenal masyarakat umum yaitu “ketupat”, Namun pada tahun 2016 kini berubah menjadi “Ramadniya” yang merupakan singkatan Ramadhan dan Hari Raya, didalamnya mengandung arti harafiah suci, adil dan sempurna.

Kapolda Kepri Brigjen Pol Drs. Sam Budigusdian, MH meneruskan amanat Kapolri Jendral Drs. Badrodin Haiti. Dalam amanat tersebut dijelaskan Peningkatan aktivitas masyarakat harus dikelola dengan baik agar tidak menjadi permasalahan kamtibmas dan kamtibselcar lantas, baik waktu menjelang, pada saat maupun setelah hari raya.

IMG-20160630-WA0043

Mencermati berbagai faktor tersebut, para pesonil diharapkan berkewajiban untuk melakukan langkah antisipatif melalui tindakan preemptif, preventif, penegakan hukum, kuratif dan rehabilitasi serta didukung dengan kerjasama sinergis dan pemberdayaan unsur terkait maupun mitra kamtibmas lainnya guna meminimalisir terjadinya kecelakaan lalulintas.

Selanjutnya, potensi kerawanan maupun gangguan kamtibmas yang perlu diantisipasi pada perayaan lebaran tahun 2016 ini, antara lain curat, curas dan curanmor, sweeping ormas, tawuran antar kelompok warga, balap liar dan kebut – kebutan, penyalahgunaan narkoba, miras, petasan, aksi intoleransi beragama, terorisme, sabotase, serta bencana alam dan kebakaran.

Dengan pengamanan langsung pada berbagai lokasi tersebut, diharapkan masyarakat dapat merayakan Hari Raya Idul Fitri 1437 H tahun 2016 dengan nyaman dan tertib dalam situasi kamtibmas yang aman dan kondusif.

IMG-20160630-WA0042

Sebelum mengakhiri amanat, Kapolri melalui Kapolda Kepri berterimakasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dalam apel gelar pasukan dalam rangka pengamanan “Operasi Ramadniya 2016”

“Semoga pengabdian yang dilakukan dengan penuh keikhlasan ini, akan menjadi catatan amal ibadah di hadapan Tuhan yang Maha Esa. Selamat Hari Raya Idul Fitri 1437 H, Mohon maaf lahir dan bathin.”  Tutup Kapolda Kepri

Operasi ini akan berjalan selama 16 hari, mulai tanggal 30 juni s.d 15 juli 2016. (Ev-RL)

No Response

Leave a reply "Polda Kepri Apel Gelar Pasukan Ops “Ramadniya” Ramadhan dan Hari Raya di Lapangan Engku Putri"