PLN Batam Akan Lakukan Pemadaman Bergilir Selama Satu Minggu

pemadaman listrik

Batamraya.com, Batam – PT. Pelayanan Listrik Nasional (Bright PLN) Batam akan kembali melakukan pemadaman listrik bergilir di Batam.Pemadaman listrik secara bergilir mulai Sabtu (23/2/2019) hingga Jumat (1/3/2019).

Pemadaman pun akan dilakukan tiga kali sehari dengan durasi tiga jam setiap kali pemadaman. Dengan begitu, listrik diperkirakan padam selama 9 jam sehari di seluruh wilayah. Namun, pemadaman listrik ini tidak berlaku pada objek-objek vital seperti rumah sakit, bandara dan lembaga permasyarakatan (lapas).

“Kami menyampaikan permohonan maaf atas pemadaman bergilir yang akan dilakukan PLN Batam. Listrik akan padam sebanyak tiga kali sehari dengan durasi tiga jam sekali padam,” pungkas Vice President Public Relations PT Bright PLN Batam, Samsul Bahri di Batam Center.

Samsul menambahkan, beban puncak di Batam mencapai 445 hingga 450 megawatt. Sementara konsumsi listrik dari bahan bakar gas mencapai 70 persen dari total beban puncak.

Selain itu, Pemeliharaan di Conoco Phillips berdampak pada berkurangnya pasokan gas ke mesin pembangkit PLN, membuat kami mengalami defisit 140 megawatt atau sekitar 30 persen dari beban puncak. Sementara itu, Sales Area Head Perusahaan Gas Negara (PGN) Batam Wendi Purwanto menyebut bahwa kondisi pemeliharaan sumur gas ini merupakan force majeure artinya di luar kuasa mereka.

Pada kesempatan yang sama, Wendi juga mengungkap pemadaman dilakukan 7 tahun sekali dan pemeliharaan sumur gas tetap harus dilakukan guna menjaga penggunaan penyaluran gas. Selama proses pemeliharaan sumur gas ini, pihak Conoco Philips berkomitmen dapat menyelesaikan tugasnya sesuai dengan waktu yang ditentukan sehingga pekerjaan tersebut akan dilakukan nonstop 24 jam.

“Pada tahun 2011 lalu diperkirakan 5 hari akan dilakukan pemadaman, tetapi bisa selesai selama dua hari, kita berharap untuk tahun ini yang diperkirakan 6,5 hari bisa selesai sebelum waktunya,” tambah Wendi.

Pihak PLN menghimbau kepada para pelanggan yang memiliki genset untuk sementara waktu memanfaatkan pembangkit listrik yang mereka miliki, sampai pemeliharaan sumur gas itu selesai dilakukan. Seperti hotel, gedung perkantoran, atau yang lain yang telah memiliki genset..

No Response

Leave a reply "PLN Batam Akan Lakukan Pemadaman Bergilir Selama Satu Minggu"