Personil Polda Kepri Ikuti Kegiatan Tatap Muka Pemahaman Wawasan Kebangsaan, NKRI dan Kebhinekaan

BATAM (Batamraya.com) – Para personil Polda Kepri mengikuti kegiatan Tatap Muka Pemahaman Wawasan Kebangsaan, NKRI dan Kebhinekaan di Gedung Lancang Kuning Polda Kepri, Kamis (7/9/2017).

Dalam kata sambutan Kapolda Kepri Irjen Pol. Drs Sam Budigusdian, MH yang dibacakan oleh Wakapolda Brigjen Pol Drs. Didi Haryono, SH. MH mengucapkan terimakasih kepada Brigjen Pol Drs. Mulyatno dari Lemhanas RI  yang bersedia hadir sebagai Narasumber.

WhatsApp Image 2017-09-07 at 10.33.09 AM

Wakapolda Kepri mengatakan bahwa penting sekali untuk terus menyegarkan wawasan kebangsaan. Acara ini juga tidak terlepas dari kesepakatan bersama sebagai sebuah bangsa, yaitu bahwa masyarakat hidup dalam sebuah negara yang punya empat pilar kenegaraan yaitu Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika.

“Empat pilar tersebut akan menopang usaha kita untuk mencapai bangunan kebangsaan dan seluruh cita-citanya yaitu indonesia yang maju, makmur dan sejahtera yang merupakan cerminan dari kemajuan, kemakmuran dan kesejahteraan di seluruh daerah tanpa kecuali.” Jelas Wakapolda.

Dalam rangka meningkatkan pemahaman Wawasan Kebangsaan, NKRI dan Kebhinekaan personil Polda Kepri dituntut untuk mengetahui latar belakang permasalahan yang terjadi saat ini yang telah berkembang fenomena sifat yang individualistis, solidaritas kelompok yang sempit dengan berlatar belakang suku, agama, ras dan adat istiadat maupun kelompok kepentingan lainnya. Salah satu isu pembangunan yang banyak meminta pemikiran saat ini adalah kesenjangan sosial dan kesejahteraan antar daerah.

WhatsApp Image 2017-09-07 at 10.33.26 AM

“Salah satu isu pembangunan yang banyak meminta pemikiran saat ini adalah kesenjangan sosial dan kesejahteraan antar daerah. Kita bisa melihat perbedaan kemajuan daerah yang satu dengan yang lain. Dalam wawasan kebangsaan hal ini seharusnya tidak terjadi.” Lanjutnya.

“Saya yakin, semua personel Polda Kepri telah punya cukup bekal mengenai wawasan kebangsaan tersebut. Namun tentu dalam pelaksanaan tugas-tugas kenegaraan ke depan, kita akan diperhadapkan dengan praktik-praktik dan mungkin akan banyak sekali hal-hal baru yang sebelumnya tidak kita ketahui dan dapatkan. Untuk mempersiapkan semua itulah acara ini diadakan.” Pungkas Wakapolda.
WhatsApp Image 2017-09-07 at 10.33.20 AM

“Semoga pembekalan ini memberikan inspirasi yang dalam pelaksanaan tugas-tugas kita ke depan. Semoga kita makin cinta dengan tanah air indonesia dan bisa mewujudkan cinta itu dalam kinerja yang nyata.” Tutupnya mengahiri sambutan.

Usai Wakapolda memberikan kata sambutan, beralih ke acara inti yaitu narasumber Brigjen Pol Drs. Mulyatno memberikan materi kepada para personil antara lain seputar Kondisi Umum NKRI, Lingkungan Strategik yang mempengaruhi, Wawasan Nusantara (Geopolitik), kewaspadaan Nasional dan Ketahanan Nasional Indonesia dan Implementasi 4 Konsensus Dasar Bangsa (Pancasila, UUD NRI TH 1945. NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika) dalam Kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Turut hadir dalam acara Irwasda Polda Kepri, Para pejabat utama Polda Kepri serta para personel Polda Kepri.

No Response

Leave a reply "Personil Polda Kepri Ikuti Kegiatan Tatap Muka Pemahaman Wawasan Kebangsaan, NKRI dan Kebhinekaan"