Perjuangan 450 Pasukan Napak Tilas Sebagai Insan Bhayangkara Menuju SPN Polda Kepri

BATAM (Batamraya.com) – Jajaran Polda Kepri melaksanakan Napak Tilas dalam rangka Peresmian SPN Polda Kepri di Tanjung batu Kepulauan Riau, Sabtu (30/7/2016) pukul 21.00 Wib.

Sebelum Napak Tilas dimulai, telah berlangsung Upacara Pemberangkatan Peleton Beranting dengan simbolis pelepasan pantola/panji kebesaran SPN di Lapangan Mapolda Kepri Nongsa.

IMG-20160730-WA0064

Kapolda Kepri Brigjen Pol Drs. Sam Budigusdian, MH dalam amanat upacaranya menjelaskan,kegiatan Napak tilas ini bertujuan untuk mengenang jasa dan perjuangan para Insan Bhayangkara di Provinsi Kepulauan Riau serta untuk menanamkan dan menumbuhkan semangat Tribrata dan Catur Prasetya dalam Sanubari.

Sedikit mengulas cerita sejarah bangunan sebelum terjadinya SPN Polda Kepri, Bangunan tersebut merupakan milik Kesatuan Mobile Brigade (MOBRIG). MOBRIG dalam masa itu aktid dalam perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia termasuk wilayah Kepulauan Riau, kemudian adanya Likuidasi terhadap kekuatan persinel Resimen Brimob, Maka Mako Brimob yang ada di Tanjung Batu di alih fungsikan menjadi Mako Dit Polair Polda Riau, kemudian pada tahun 2014 Dit Polair Polda Riau di pindakan ke Kabupaten Siak, Riau dan Mako tersebut di serahkan kepada Polda Kepulauan Riau dan mengikuti arahan pimpinan Mako tersebut dijadikan sebagai SPN Polda Kepulauan Riau T.A 2016.

IMG-20160730-WA0066

“Semangat yang terdapat dalam cerita sejarah tersebut diharapkan mampu menularkan kepada calon-calon Bhayangkara muda yang nantinya akan mengikuti pendidikan pembentukan di SPN Polda Kepulauan Riau.” Ujar Kapolda Kepri.

Kegiatan Napak Tilas ini melibatkan pasukan sebanyak 450 orang terdiri dari 300 Polri dan 150 TNI dari Raider dan Marinir. Pasukan Napak tilas akan menempuh jarak kurang lebih 60 KM melalui perjalanan darat dan laut dengan cara 5 estafet. Pasukan bergerak dari Lapangan Upacara Polda Kepulauan Riau menuju Mako Dit Polair Polda Kepri Sekupang. Setelah itu dilanjutkan perjalanan laut menuju  Pulau Kundur Utara serta perjalanan darat kembali melalui sungai Ungar di Tanjung Batu dan berakhir di SPN Polda Kepulauan Riau Tanjung Batu.

IMG-20160730-WA0054

Harapan Kapolda Kepri dengan adanya kegiatan Napak Tilas ini agar mampu meningkatkan kebersamaan dan Solidaritas personel Polda Kepri serta sinergitas TNI dan Polri di wilayah Provinsi Kepulauan Riau yang akan berdampak positif terhadap pelaksanaan tugas sehari-hari dalam memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan terhadap masyarakat. (Ev)

No Response

Leave a reply "Perjuangan 450 Pasukan Napak Tilas Sebagai Insan Bhayangkara Menuju SPN Polda Kepri"