Perhatikan Keselamatan Diri dan Selalu Ingat Kewajiban Saat Mainkan Pokemon Go

BATAM (Batamraya.com) – Siapa tidak kenal permainan yang menjadi viral di dunia saat ini, Permainan tersebut bernama Pokemon Go. Permainan ini terdapat pada ponsel pintar dan bisa di unduh semua orang.

masalah-pada-game-pokemon-go

Permainan ini diketahui sudah banyak memakan korban lantaran cara kerja Pokemon Go ini harus mencari karakter dalam permainan untuk di koleksi. Para pemain menggunakan ponselnya melacak seperti menggunakan GPS untuk mendeteksi keberadaan karakter yang tersebar dimana-mana.

Korbannya adalah para pemain Pokemon Go yang tidak memperhatikan keselamatan dirinya seperti pada saat mencari tapi tidak melihat keadaan lingkungan yang dekat jalan raya sedang ramai atau bahkan sungai hingga tebing tinggi lalu pemain tersebut lalai hingga melukai dirinya sendiri dan bisa berakibat fatal yaitu menghilangkan nyawanya sendiri.

Permainan ini juga diketahui telah membuat para anggota aparat keamanan wilayah juga lengah dalam bertugas seperti yang dilansir oleh Daily Mail, terjadi pada seorang tentara asal Amerika yang sedang bersiaga akan gempuran militan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS), tepatnya di kota Dohuk.

pokemon-go5

Di Indonesia, Kapolri Jenderal Tito Karnavian, melalui surat telegram bernomor STR: 533/VII/2016 tanggal 19 Juli 2016 yang ditandatangani Kadiv Propam Irjen Mochamad Iriawan, Polri menganggap permainan ini mengganggu kesiapsiagaan personel polisi.

Terdapat enam instruksi dalam surat edaran tersebut. Pertama, melarang anggota Polri bermain game Pokemon Go di lingkungan atau fasilitas mako (markas komando) Polri. Kedua, melarang anggota Polri bermain game Pokemon Go pada saat jam kerja apalagi mereka yang melaksanakan tugas-tugas khusus seperti pengamanan, pengawalan, dan penjagaan tahanan.

Ketiga, melarang setiap orang atau tamu yang bermain game Pokemon Go di lingkungan atau fasilitas mako (markas komando) Polri.

Keempat, meminta personel Polri untuk mewaspadai setiap orang-orang yang mencurigakan dalam bermain Pokemon Go yang dekat dengan lingkungan atau fasilitas mako Polri.

Kelima, Senantiasa melakukan kesiapsiagaan dalam melaksanakan tugas dan waspadai terhadap orang yang dicurigai. Dan Keenam, lakukan pengawasan dan pengecelan secara kontinu pada saat jam kerja atau jam rawan.

Untuk Masyarakat Kepulauan Riau Khususnya Batam yang menginstall permainan Pokemon Go, Kabidhumas Polda Kepri AKBP Hartono, SH  menghimbau agar Masyarakat lebih pintar untuk menggunakan permainan tersebut.

“Setiap orang pasti tahu yang baik untuk dirinya sendiri dan harus lebih pintar menggunakan permainan itu. Permainan ini dapat di Install oleh siapa saja, Dewasa maupun anak-anak. Orangtua juga harus dapat mengawasi anaknya agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.” Jelas Kabidhumas di ruang kerjanya, Senin (25/7/2016).

Untuk permasalahan surat TR Kapolri, Kabidhumas membenarkan adanya larangan tersebut dalam rangka tetap terwujudnya pelayanan dan terpeliharanya kemanan dan ketertiban masyarakat.

“Jangan sampai karena permainan itu berpengaruh buruk pada tanggung jawab kita. Bukan Anggota Polri saja tapi masing-masing orang tentu saja punya kewajiban kan.” Tutupnya. (Ev)

No Response

Leave a reply "Perhatikan Keselamatan Diri dan Selalu Ingat Kewajiban Saat Mainkan Pokemon Go"