Pentingnya Nilai Pancasila Dalam Menghadapi Kemajemukan Bangsa Indonesia

Batamraya.com – Dengan mengamalkan nilai–nilai Pancasila, kita sebagai masyarakat dapat menjadi lebih bijak. Negara Indonesia merupakan sebuah negara yang di dalamnya terdapat masyarakat dengan banyak perbedaan. Indonesia yang negaranya berbentuk kepulauan, memiliki beragam agama, suku, budaya, bahasa, dan ras. Perbedaan merupakan sebuah kekayaan yang dimiliki oleh sebuah negara.

Seharusnya, perbedaan inilah yang bisa membuat bangsa Indonesia menjadi sebuah bangsa yang unik. Seharusnya, perbedaan inilah juga yang kita banggakan, karena dengan perbedaan ini seharusnya kita bisa saling melengkapi dan mendukung satu sama lain.

Namun sebenarnya, perbedaan bukan hanya sesuatu yang bisa kita pandang sebagai sebuah kekayaan dan keunikan pada sebuah negara, karena beberapa oknum mulai merubah fungsi perbedaan yang dimiliki oleh bangsa Indonesia. Jika dilihat dari satu sisi, perbedaan memang merupakan sesuatu yang indah, namun bagi oknum-oknum egois yang memiliki tujuan tertentu, mereka akan menganggap perbedaan sebagai sebuah celah yang sangat berharga bagi mereka untuk mencapai tujuan mereka.

Contoh dari beberapa kasus yang ditimbulkan oleh oknum–oknum tidak bertanggung jawab adalah menjadi dalang atas tindak kejahatan yang terjadi dimana – mana, yang membawa nama agama di dalamnya, dan menyerang tempat ibadah agama lain. Kejadian ini tidak hanya menyebabkan kerusakan pada gedung bangunan tempat ibadah, tetapi kejadian ini bahkan merenggut nyawa belasan orang yang tidak bersalah dan ingin memenuhi haknya untuk beribadah.

Ini merupakan cara dari oknum yang tidak bertanggung jawab tersebut untuk merusak persatuan bangsa Indonesia yang sudah sangat kuat, yaitu dengan menciptakan sebuah kondisi adu domba antar agama. Hal ini dilakukan oleh mereka, karena memang negara Indonesia yang bangsanya majemuk terdiri atas berbagai perbedaan, dan diantara itu semua, agama adalah sesuatu yang paling sensitif dan paling mudah untuk dijadikan pemicu perpecahan diantara masyarakat.

Tidak jelas alasan mereka ingin merusak persatuan bangsa Indonesia. Namun yang pasti, mayoritas bangsa Indonesia sudah sadar akan pentingnya sebuah persatuan di tengah beribu perbedaan yang ada di dalamnya. Masyarakat Indonesia semakin hari seharusnya juga semakin sadar bahwa hal-hal demikian adalah sesuatu yang direncanakan untuk merusak persatuan dan perdamaian yang ada ditengah bangsa Indonesia.

Tidak jelas alasan mereka ingin merusak persatuan bangsa Indonesia. Namun yang pasti, mayoritas bangsa Indonesia sudah sadar akan pentingnya sebuah persatuan di tengah beribu perbedaan yang ada di dalamnya. Masyarakat Indonesia semakin hari seharusnya juga semakin sadar bahwa hal-hal demikian adalah sesuatu yang direncanakan untuk merusak persatuan dan perdamaian yang ada ditengah bangsa Indonesia.

Kesadaran dan pengetahuan masyarakat akan tujuan di balik semuanya itu merupakan sebuah tameng yang kuat untuk melawan aksi-aksi para oknum yang tidak bertanggung jawab, yang berusaha menghancurkan fondasi berdirinya negara Indonesia yang kokoh.

Di saat seperti inilah, nilai Pancasila sebaiknya harus lebih kita amalkan. Pancasila merupakan dasar negara yang dirumuskan oleh para pejuang kemerdekaan bangsa Indonesia. Pancasila bukan hanya sekedar 5 sila yang tertulis, namun merupakan fondasi yang kokoh yang diciptakan oleh pejuang bangsa untuk negara kita, agar negara Indonesia menjadi sebuah negara dengan dasar yang kuat. Sila pada Pancasila yang paling menekankan mengenai Kesatuan adalah sila ketiga Pancasila yaitu sila Persatuan.

Kemajemukan bangsa Indonesia memang menyebabkan mudahnya terjadi konflik antar masyarakat, dan inilah tujuan diciptkannya Pancasila sebagai dasar negara Indonesia, yaitu menjadi perekat, pemersatu bangsa Indonesia ditengah banyaknya perbedaan yang ada di dalam masyarakatnya.

Maka dari itu, penting untuk ditanamkan nilai agama yang benar dan juga nilai-nilai Pancasila pada anak-anak. Anak-anak berada pada masa pertumbuhan dan perkembangan, dimana mereka masih labil dan mudah terbawa arus karena dipengaruhi oleh lingkungan sekitar. Anak – anak akan mengikuti apapun yang diajarkan oleh orang-orang terdekat mereka. Anak- anak adalah para pejuang keberlangsungan negara Indonesia yang damai di masa depan, sehingga sangat penting bagi kita untuk menekankan nilai-nilai agama yang benar dan juga menanamkan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila.

Sehingga, jika mereka dihasut oleh pihak yang tidak bertanggung jawab dan diajarkan sebuah paham yang tidak benar, mereka bisa memilah dan menolak ajakan dari pihak tersebut untuk melakukan sesuatu yang akan menghancurkan keutuhan persatuan negara Republik Indonesia. Selain itu, disini juga sila keempat Pancasila, yaitu sila Kemanusiaan berperan. Tidak jarang di media sosial ada ditemukan quotes “I SEE HUMAN BUT NOT HUMANITY”.

Di sini kita dapat melihat bahwa akibat dari paham yang salah yang ditanamkan oleh oknum tidak bertanggung jawab kepada beberapa orang tertentu menyebabkan hilangnya rasa kemanusiaan pada pribadi beberapa orang, sehingga mereka dengan berani melakukan tindakan yang jahat dengan menghilangkan nyawa orang lain yang tidak bersalah.

Pentingnya penanaman nilai agama yang benar dan pengamalan nilai-nilai Pancasila sebenarnya tidak hanya berlaku bagi anak-anak,namun bagi orang dewasa juga. Beberapa orang dewasa yang belum pernah mendapatkan pendidikan mengenai nilai-nilai Pancasila juga harus dibekali dengan pendidikan Pancasila. Apalagi, orang seumuran dewasa berada pada fase di mana orang tersebut sudah bisa mengambil keputusan dan merasa bebas melakukan apapun yang dia inginkan, termasuk melakukan sesuatu yang dapat membahayakan kesatuan Negara Indonesia.

Untuk itu, sebagai bangsa Indonesia yang baik, mari kita lebih lagi mengamalkan nilai – nilai Pancasila dalam kehidupan kita sehari–hari. Jangan sampai kita mudah terpengaruh oleh ancaman yang ada dan langsung mengambil kesimpulan yang tidak baik dari peristiwa–peristiwa yang mengancam yang terjadi, sehingga usaha yang dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab, yang ingin merusak persatuan bangsa Indonesia, tidak akan menjadi sebuah ancaman yang serius terhadap persatuan bangsa Indonesia.

Dengan mengamalkan nilai–nilai Pancasila, kita sebagai masyarakat dapat menjadi lebih bijak dalam menghadapi setiap ancaman yang terjadi di negara kita, yang bertujuan untuk merusak persatuan bangsa Indonesia yang sudah kita dibangun dengan susah payah oleh para pejuang kemerdekaan bangsa Indonesia sejak dahulu.

No Response

Leave a reply "Pentingnya Nilai Pancasila Dalam Menghadapi Kemajemukan Bangsa Indonesia"