Pengurangan Trip Berlayar, Pelabuhan Domestik Sekupang Tampak Masih Beroperasi Ditengah Pandemi Covid-19

pelabuhan sekupang

BATAM, BATAMRAYA.COM – Rute pelayaran dari Batam menuju Dumai, Provinsi Riau, tampak masih beroperasi di Pelabuhan Domestik Sekupang.

Humas Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan, Anina mengatakan, rute keberangkatan kapal memang masih beroperasi seperti biasa yakni pukul 07.30 wib dengan dua operator Feri Batam Jet dan Dumai Line.

“Masih beroperasi seperti biasa, hanya saja ada pengurangan trip berlayar, begitu juga jumlah penumpang. Mengenai jumlah penumpang hari ini belum tahu, sebab saya bekerja dari rumah. Nanti saya info berapa jumlah penumpangnya,” ujarnya, Kamis (30/4/2020).

Sebelumnya, pemerintah telah mengeluarkan larangan mudik melalui peraturan kementerian perhubungan nomor PM 25 tahun 2020. Pada pasal 1 ayat 3, dijelaskan bahwa terhitung sejak tanggal 25 April hingga 31 Mei 2020 operasi transportasi mudik dihentikan untuk sementara waktu.

Sementara itu, Otoritas Pelabuhan Domestik Sekupang, Sohirnadi sebelumnya mengatakan, terjadi penurunan penumpang di pelabuhan Domestik sejak pandemi Covid-19.

“Sepekan terakhir, hanya ada 5 dan 6 kapal yang beroperasi dari pelabuhan Domestik, dua diantaranya ke Dumai dan selebihnya ada yang ke Tanjung Balai, Tanjung Batu,” katanya. Lanjutnya, telah terjadi penurunan jumlah penumpang secara signifikan.

Bahkan dari pembukuan pendapatan dari boarding past penumpang yang diterima pelabuhan Domestik Sekupang saat ini hanya berkisar 3 juta rupiah setiap harinya.

“Makanya daripada pusing-pusing, dengan kondisi pendemi begini, kalau mau ditutup, tutup sekalian pelabuhan,” pungkasnya.

No Response

Leave a reply "Pengurangan Trip Berlayar, Pelabuhan Domestik Sekupang Tampak Masih Beroperasi Ditengah Pandemi Covid-19"