Penembakan Brutal di Selandia Baru, Puluhan Orang Meninggal Dunia

penembakan di new zealand

Batamraya.com, Christchurch – 40 orang dilaporkan meninggal dunia pada insiden penembakan dua masjid di Kota Christchurch, Selandia Baru, Jumat (15/3/2019) sekitar pukul 13.40 waktu sekitar.

Jacinda Ardern selaku Perdana Menteri Selandia Baru dalam siaran televisi menyebutkan, 10 korban meninggal di Masjid Linwood dan 30 korban meninggal di Masjid Al Noor. “Dalam insiden penembakan ada 40 orang meninggal dunia, 20 orang mengalami luka,” ujar Ardern dengan suaranya yang bergetar.

Lanjutnya, beberapa waktu lalu empat pelaku tertangkap dalam penembakan di dua masjid Christchurch saat pelaksanaan solat Jumat. Salah satu dari pelaku adalah warga negara Australia.

Adapun dari video pelaku yang direkam saat melakukan live, dia membawa mobil berisikan senjata api. Ardern mengatakan, polisi mengatakan telah menjinakkan bahan peledak di dalam mobil pelaku tersebut. Dalam pernyataannya, Ardern menegaskan negaranya menentang keras ekstremisme yang dilakukan pelaku di Selandia Baru.

Diberitakan media setempat, Stuff salah seorang saksi mata di Masjid Al Noor, Deans Ave, Ahmad Al-Mahmoud (37) mengatakan pelaku adalah pria berkulit putih, rambut berwarna pirang, mengenakan helm dan rompi anti peluru.

“Pelaku melepaskan puluhan hingga ratusan tembakan sekitar kurun waktu 10 menit setelah Jemaah sholat jumat. Kondisi panik setelah itu, melihat korban berlimpahan darah,” ungkap salah seorang saksi bernama Mahmoud.

No Response

Leave a reply "Penembakan Brutal di Selandia Baru, Puluhan Orang Meninggal Dunia"