Pemkab Bintan Gelar Festival Lampu Cangkok 2018 Berhadiah 37 Juta Rupiah

BINTAN (Batamraya.com) – Pemerintah Kabupaten Bintan akan menggelar kembali Festival Lampu Cangkok 2 Juni mendatang atau bertepatan 17 Ramadan sampai berakhirnya Ramadan 1439 H dengan total hadiah Rp 37 juta.

Menurut media Batampos.com, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Pemkab Bintan Ronny Kartina mengatakan, Festival Lampu Cangkok 2018 akan dinilai berdasarkan tiga aspek, yaitu aspek bangunan, keamanan, dan estetika.

Ronny menjelaskan, aspek bangunan yakni mengutamakan kekokohan bangunan, posisi letaknya yang tidak menggangu aktivitas pengguna jalan dan ketinggian menara minimal 3,5 meter. Sedangkan untuk aspek keamanan meliputi lebar konstruksi gerbang baik dari sisi kiri dan kanan jalan sekitar 5 meter, lalu kebersihan di sekitar gerbang lampu serta ramah lingkungan.

lampu-colok

”Aspek yang terakhir yakni lebih mengutamakan pesan dan kesan yang disampaikan. Harus dibangun bernuansa islami lalu keindahan lampu cangkok, kerapian, serta bahan dan banyaknya lampu cangkok yang dipasang,” jelasnya.

Diakui Ronny, untuk hadiah mengalami peningkatan dibanding tahun sebelumnya. Jika di tahun 2017 total Rp 26 juta, untuk tahun ini naik menjadi Rp 37 juta. ”Yang jelas untuk juara satu memperoleh bantuan sebesar Rp 10 juta, juara dua Rp 7 juta, dan juara tiga Rp 5 juta,” ujarnya.

Kepala Dinas Pariwisata Pemkab Bintan Luki Zaiman Prawira menuturkan, festival lampu cangkok ini merupakan bentuk apresiasi masyarakat menyambut hari kemenangan nanti. Festival yang melibatkan komponen masyarakat mulai RT, RW, pemuda setempat itu diharapkan mampu mempererat tali silaturahmi, sehingga begitu usai melaksanakan salat sunat tarawih mereka bisa menuangkan kreasinya dalam bentuk lampu cangkok.

”Ini juga sebagai bentuk daya tarik pariwisata karena berkenaan nilai-nilai kultur budaya islami yang melekat dalam masyarakat Melayu kita,” menurut Luki.

Bupati Bintan Apri Sujadi mengatakan Festival Lampu Cangkok kembali digelar untuk memeriahkan Ramadan. Pemkab Bintan ingin menghidupkan kembali tradisi yang sudah menjadi ciri khas masyarakat Melayu. (met)

No Response

Leave a reply "Pemkab Bintan Gelar Festival Lampu Cangkok 2018 Berhadiah 37 Juta Rupiah"