Pemilih Pemula Harus Tau, Hak Suara Yang Dipilih Berkompeten

Batamraya.com – Pemilihan umum merupakan sarana demokrasi guna mewujudkan sistem pemerintahan Negara yang berkedaulatan rakyat. Pemerintahan Negara terbentuk melalui pemilu itu adalah yang berasal dari rakyat, dijalankan sesuai dengan kehendak rakyat yang diabdikan untuk kesejahteraan rakyat. Karena pemerintah tidak bisa bertindak apapun mengenai Negara tanpa persetujuan rakyat.
76
Sebagai warga Negara kita harus sanggup mengabdikan diri untuk ikut serta dalam membangun Negara. Setiap warga Negara yang memenuhi syarat untuk memilih dalam penyelenggaraan pemilu mempunyai hak pilih aktif, sehingga suara yang diberikan mereka untuk menjadikan pemimpin yang dapat dipercaya, sangat menentukan baik dan tidaknya masa depan yang akan ditempuh rakyat terutama pemula- pemula muda. Oleh sebab itu pemilih pemula bagi  mereka sangatlah penting.
Yang dikatakan pemilih pemula adalah Warga Negara Indonesia yang sudah genap berumur 17 Tahun atau lebih. Sebagai pemilih pemula dalam pemilu juga sangat penting karena mereka kebanyakan masih pelajar, sehingga masa depan bagi mereka salah satunya juga tergantung pada pemimpin yang berhasil dipilih oleh semua rakyat. Meskipun pemula muda kebanyakan masih pelajar, yang belum bisa secara langsung terjun kedunia politik, tapi setidaknya sumbangan efektif dapat kita berikan dengan mengembangkan sikap- sikap yang mendukung pembangunan sesuai dengan kemampuan kita. Karena pemula muda yang masih belajar, pekerjaannya sebagai pelajar juga merupakan salah satu bentuk keikut sertaannya dalam pembangunan Negara. Selain itu juga bisa dalam  bentuk pemilihan umum, karena hal – hal tersebut termasuk suatu dukungan dalam pembangunan Negara yang dapat kita berikan.
Semangat pemula muda untuk memiliki pemimpin yang adil, bijaksana dan bertanggung jawab, yang diwujudkan dengan pemilihan, mewarnai setiap kehidupan masyarakat,untuk  mencapai tujuan yang diharapkan. Asas kerakyatan yang dimiliki sistim demokrasi di Indonesia, merupakan asas kesadaran untuk memiliki jiwa kerakyatan atau untuk menghayati kesadaran bahwa semua warga Negara mempunyai cita- cita yang sama.
Dalam menentukan pilihan pemula muda perlu kemandirian yang kuat, agar tidak terbawa arus. Agar pilihan yang menjadi sasaran utama rakyat untuk memiliki pemimpin yang sesuai dengan keinginan bersama yaitu ingin memiliki pemimpin yang tau akan tugasnya, bukan pemimpin yang tau akan jabatannya. Dari pengalaman tersebut, pemula muda tentunya secara tidak langsung mendapatkan pendalaman tentang kepemimpinan, sehingga pemilu juga sangat bermanfaat bagi pemula muda terutama pemilih pemula.
No Response

Leave a reply "Pemilih Pemula Harus Tau, Hak Suara Yang Dipilih Berkompeten"