Pasar Top 3000 Jodoh Akan Ditata Ulang, Meja Tak Boleh Berdempet

BATAM, BATAMRAYA.COM – Kabid Pasar Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Batam, Zulkarnain mengatakan pemerintah akan melakukan penataan terhadap pedagang pasar Tos 3000. Penataan pasar tos 3000 tersebut guna pencegahan penyebaran Covid-19 di klaster Pasar Tos 3000 di Kecamatan Lubuk Baja.

Beberapa alternatif pun dikerahkan dalam memutus rantai penyebaran covid-19 di Pasar Tos 3000. “Sempat didiskusikan akan ditutup total, tetapi itu akan berimbas kepada perekonomian kita, Batam,” ujarnya.

Lebih lanjut, Zulkarnain menyatakan, alternatif penerapan ganjil genap di pasar juga sempat terlintas, tetapi hal tersebut juga bisa berdampak pada pemenuhan kebutuhan pokok masyarakat.

“Kita akan menerapkan ganjil genap di pasar tetapi terkendala, kemungkinan diberlakukan maka akan terjadi kelangkaan di beberapa bahan kebutuhan pokok. Kita mendapatkan masukan dari gugus tugas bahwa akan dilakukan bertahap,” ujarnya.

Penataan tersebut nantinya akan dilakukan per blok di Pasar Tos 3000 sebagai percontohan bagi blok lainnya.

“Tetapi kita mengambil alternatif penataan dan tidak melakukan penutupan,” ujarnya, Sabtu (27/6/2020).

Zulkarnain mengatakan, pihaknya akan memberikan pembatas atau jarak diantara pedagang sehingga bisa sesuai protokol kesehatan yang dianjurkan.

“Tahap pertama kita akan melakukan penataan di blok A di depan Samarinda. Dan sekarang sudah berjalan, kita buat sekat dan batas. Meja tidak boleh berdempet untuk physical distancing,” ujarnya.

Pihaknya juga mendorong pengelola pasar agar kedepannya dapat membuat seragam tempat jualan para pedagang, baik itu meja jualan maupun tenda yang digunakan. “Dan kita harapkan hal ini bisa permanen,” ujarnya.

Dalam diskusi tersebut, seorang penonton menyarankan agar pedagang di pindahkan ke tempat atau lokasi lain. Terhadap saran ini, Zulkarnain mengatakan hal tersebut terlalu sulit karena untuk menyediakan lahan berjualan bagi 1.235 pedagang merupakan sesuatu yang sulit.

Ia mengimbau kepada masyarakat dan para pedagang Pasar Tos 3000 agar menerapkan dan berdisiplin menjalankan protokol kesehatan yang dianjurkan Pemerintah.

“Mari kita buang image pasar yang bau dan semrawut, bisa kita tata kembali. Mohon kiranya pedagang mendukung pemerintah karena ini manfaat besar untuk pedagang dan masyarakat Batam sehingga bisa jadi pasar yang sehat dan bersih,” tutupnya.

Sumber: Tribunnews

No Response

Leave a reply "Pasar Top 3000 Jodoh Akan Ditata Ulang, Meja Tak Boleh Berdempet"