Panglima TNI ke Batam, Tinjau Langsung Rencana Pembangunan RS Khusus Corona di Galang

kunjungan panglima di galang2

BATAM, BATAMRAYA.COM – Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto melakukan kunjungan kerja ke Batam, Kepulauan Riau, Rabu (4/3/2020) pagi. Kunjungan tersebut merupakan perintah langsung dari Presiden RI, Joko Widodo yang menginginkan lokasi RS Khusus Corona di Pulau Galang, Kota Batam.

Dijelaskan langsung oleh Panglima TNI bahwa pembangunan RS Khusus ini di Camp Vietnam, Pulau Galang, Kepulauan Riau karena menimbang lokasi yang strategis.

Adapun rencana rehabilitasi bangunan di Camp Vietnam, Galang ini berjarak 44 Km dari kawasan Batam Centre. Lokasi ini nantinya memiliki 50 ruangan yang dapat digunakan sebagai ruangan observasi.

“Lokasi ini kami pilih karena apabila ada WNI yang dari dalam ataupun luar negeri terinfeksi atau harus melakukan observasi, lokasi ini sudah sangat dekat dari berbagai kawasan,” ungkapnya.

Lebih lanjut Panglima TNI menjelaskan, RS khusus ini nantinya juga akan dipergunakan untuk WNI yang tertular penyakit menular seperti Covid-19 (Corona). RS ini pun ditargetkan selesai diperbaiki dan dapat digunakan dalam kurun waktu 1 bulan kedepan.

kunjungan panglima di galang

“Situasi saat ini, kita lihat gedung gedung yang akan di rehap. Ini untuk membuat RS Khusus sebagaimana yang kita ketahui sedang menyeruak virus Corona,” tegasnya.

Dalam kunjungan tersebut, rombongan disambut langsung oleh Kapolda Kepri Irjen Pol Andap Budhi Revianto, Komandan Korem 033/Wira Pratama Brigjen Gabriel Lema, Wakil Walikota Batam Amsakar Achmad, Kepala Dinas Kesehatan Kepulauan Riau (Kepri), Tjetjep dan beberapa pejabat tinggi Provinsi Kepri lainnya.

Presiden Joko Widodo mengatakan pemilihan pulau Galang karena ada fasilitas kesehatan yang sudah lama di pulau tersebut dan akan dihidupkan kembali. Oleh karena itu pemerintah akan merenovasinya dalam waktu singkat.

“Karena fasilitas ada tapi lama tidak digunakan, akan renovasi dalam waktu cepat,” kata Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (3/3/2020). Presiden juga menyebut, renovasi rumah sakit ini dilakukan demi kecepatan dalam penanganan virus corona.

No Response

Leave a reply "Panglima TNI ke Batam, Tinjau Langsung Rencana Pembangunan RS Khusus Corona di Galang"