Otak-otak Khas Tanjungpinang Memang Sedap

TANJUNGPINANG (batamraya.com) – Tanjungpinang adalah ibu kota dari Provinsi Kepulauan Riau. Kota Tanjungpinang terletak di Pulau Bintan Provinsi Kepulauan Riau merupakan daerah yang strategis, karena berbatasan langsung dengan Negara Singapura dan Malaysia.

1603149otak-otakk780x390

Pada awalnya kota ini merupakan pusat kerajaan melayu, saat ini lebih dikenal sebagai pusat pengembangan seni budaya dan tujuan wisata. Beberapa peninggalan sejarah yang menarik bagi para wisatawan diantaranya makam raja melayu dan mesjid Sultan Riau di Pulau Penyengat. Selain itu, Tanjungpinang juga berkembang di bidang industri seperti pembuatan kapal, garmen, dan industri perikanan.

Kota Tanjungpinang juga mempunyai makanan khas bagi para pecinta kuliner. Salah satunya yaitu makanan bernama Otak-otak yang terbuat dari ikan atau sotong (Cumi-cumi) yang masih segar dari laut.

Otak-otak

Cara memasaknya dengan campuran bahan utama dan bumbu yang telah dihaluskan lalu dibungkus dengan daun kelapa  kemudian di bakar.

Tekstur otak-otak Tanjungpinang tidak kenyal tetapi agak lembut karena tidak terlalu banyak memakai tepung sagu. Dengan dibungkus daun kelapa, aroma otak-otak Tanjungpinang yang telah dipanggang sangat khas dibandingkan dengan otak-otak dari daerah lain yang biasanya dibungkus daun pisang. Jika harum baunya langsung menyergap hidung anda pasti membuat anda tergiur ingin memakannya.

3770556_20140423094001

Makanan ini dijadikan salah satu kebanggaan khas daerah Kepulauan Riau karena unik dan rasanya enak.  Di Tanjungpinang otak-otak bisa ditemui di berbagai tempat terutama di Tepi Laut dan yang paling terkenal lokasinya berada di Pelantar Dua. Harganya sangat terjangkau yaitu antara RP. 1000,- hingga Rp 2.000,- per bungkus. (Ev)

No Response

Leave a reply "Otak-otak Khas Tanjungpinang Memang Sedap"