Mobile Command Center Den Gegana; Terobosan Kreatif Dukung Tugas Operasional Brimob

BATAM (Batamraya.com) – Sejak pertengahan September 2016 yg lalu,  dalam setiap pergerakan pelaksanaan tugas jajaran Satbrimob Polda Kepri khususnya Detasemen Gegana, selalu  didampingi oleh sebuah kendaraan minibus berwarna hitam yang merupakan warna ciri khas dari Detasemen yang berlambang walet hitam tersebut.

Setelah ditelusuri lebih jauh ternyata kendaraan hitam itu adalah Kendaraan Mobile Command Center ( MCC ) yang termasuk dalam golongan kendaraan khusus yang dimiliki oleh Jajaran Detasemen Gegana Satbrimob Polda Kepri.

WhatsApp Image 2017-01-18 at 9.58.40 AM

Kendaraan khusus yang diberi nama Mobile Comand Center ( MCC ) ini dibangun guna menunjang  pelaksanaan tugas sehari – hari  dari Satuan Brimob Polda Kepri pada umumnya dan secara khusus jajaran Den Gegana.

Pada awalnya, kendaraan minibus tersebut sudah masuk dalam katagori kendaraan yang kurang layak pakai. Namun atas inovasi Jajaran Detasemen Gegana yang didukung oleh Kasat Brimob Polda Kepri Kombes Pol. Tory Kristianto S. IK, pada Tahun 2016 Detasemen Gegana mengembangkan kendaraan tersebut menjadi kendaraan khusus yang berfungsi sebagai Posko Taktis Satbrimob Polda Kepri yang bersifat mobile dimana para unsur pengendali dapat memantau dan mengendalikan setiap kegiatan operasional melalui kendaraan khusus ini.

WhatsApp Image 2017-01-18 at 9.58.39 AM

Sebagai Posko kendali taktis yang bersifat mobile, ransus ini memiliki beberapa kelengkapan pendukung berupa :
– sistem radio dengan cakupan area yg cukup luas berbasis repeater
– dukungan surveillance udara menggunakan Drone.
– ROV ( Remotely Operated Vehicle ) guna penjinakan bom
– sistem kelistrikan baik yang berjenis AC maupun DC
– wireless hotspot
– kelengkapan kerja berupa Laptop dan printer.
– 3 layar monitor guna memantau pergerakan di lapangan.

WhatsApp Image 2017-01-18 at 10.08.25 AM

Kendaraan khusus yang menggunakan mesin mobil Mitsubishi Fuso Canter 4000 cc ini diawaki oleh 5 operator yaitu Operator Pengemudi, Operator Min Ops, Operator Drone, Operator ROV dan Operator Radio RIG.

Efektifitas dari kendaraan MCC ini sudah terbukti pada beberapa pelaksanaan misi tugas di seputaran wilayah Batam di antaranya sebagai pusat kendali mobile saat pelaksanaan beberapa Pam Unjuk rasa, pusat kendali mobile pada pelaksanaan Ops Lilin Seligi 2016, dan juga sebagai unsur pendukung  pelaksanaan operasi SAR di wilayah Nongsa beberapa bulan yang lalu.

” Ransus MCC ini kami bangun sebagai salah satu bentuk terobosan kreatif guna mendukung pelaksanaan tugas operasional di lapangan dalam rangka  menjaga stabilitas kamtibmas yang kondusif di wilayah Hukum Polda Kepri. ” ujar  Kaden Gegana Akbp Bambang Wiji Asmoro.

No Response

Leave a reply "Mobile Command Center Den Gegana; Terobosan Kreatif Dukung Tugas Operasional Brimob"