Mengelola Keberagaman Dalam Persatuan Bangsa

images

Batamraya.com – Sebagai negara multikultur, Indonesia akrab dengan berbagai konflik keberagaman. Indonesia juga pernah diterpa berbagai masalah kekerasan berdasarkan isu suku, agama, ras, dan etnis.

Namun, Indonesia akhirnya saat ini bisa bersatu dalam harmoni, meski membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk menyelesaikan konflik keberagaman.

Mengelola keberagaman tidaklah mudah. Para pendiri bangsa bahkan sudah memprediksi bahwa kita harus hati-hati dalam mengelola negara, karena berbagai macam perbedaan dapat membuat kita tercerai berai.

Kunci penyelesaian masalah keberagaman di Indonesia adalah semangat persatuan yang terdapat dalam diri setiap rakyat negeri ini.

Semangat persatuan tercermin dalam Sumpah Pemuda yang diperingati setiap tahun. Masyarakat Indonesia adalah satu bangsa, berbicara dalam satu bahasa, dan berbagi satu darah.

Faktor penting lain dalam mengelola keberagaman di Indonesia adalah kebijakan pemerintah yang tepat.

Indonesia pernah menerapkan kebijakan transmigrasi yang membantu terciptanya pembauran antar etnis, suku dan agama di seluruh wilayah Indonesia. Dengan transmigrasi, masyarakat dari pulau Jawa dapat menetap di Kalimantan, Papua, dan daerah lainnya.

Pemerintahan Indonesia sampai hari ini terbipang cukup berhasil mengelola keberagaman di negara ini. Tanpa pemerintahan yang baik, harmoni keberagaman di Indonesia tentu sulit untuk terwujud.

Oleh karena itu, pemerintah pun harus sangat tegas kepada para pihak yang sengaja merusak kedamaian yang telah terwujud, terutama pihak-pihak yang sengaja memecah belah bangsa dengan fitnah, ujaran kebencian, dan berita-berita bohong yang diviralkan. Pemerintah harus tegas setegas-tegasnya kepada pihak seperti ini.

No Response

Leave a reply "Mengelola Keberagaman Dalam Persatuan Bangsa"