Mengawali 2017 Subden KBR Den Gegana Menjalin Mitra Tugas Dengan KKP Kelas I Batam

BATAM (Batamraya.com) – Untuk terus meningkatkan kemampuan dan pengetahuan personel Subden KBR Detasemen Gegana maka jajaran KBR Den Gegana melakukan upaya-upaya dan terobosan-terobosan dengan cara menjalin kerjasama dengan instansi-instansi terkait di Kota Batam sesuai dengan arahan dari Kaden Gegana AKBP Bambang Wiji Asmoro yang selalu menekankan agar seluruh personel Den Gegana bersifat pro aktif dalam melaksanakan tugasnya baik di bidang pembinaan maupun di bidang operasional.

whatsapp-image-2017-01-09-at-4-52-30-pm

Pada hari Senin (9/1/2017) Subden KBR Den Gegana melaksanakan kunjungan ke Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas I Batam untuk menjalin kerjasama dalam bidang pembinaan operasional dan pembinaan kemampuan personil serta penguatan dalam upaya penanganan ancaman dan bahaya penyebaran virus penyakit, bioterorisme dan bahaya radioaktif di ruang lingkup pelabuhan kapal. Dalam kunjungan tersebut, tampak turut menerima kunjungan dari pejabat KKP antara lain :
1. Kepala KKP Kelas I Batam : dr. Anas Ma’ruf, M.Km.
2. Kabid Karantina & Survailance , Epidemiologi : Abdul Salam, S.Km., M.Kes.
3. Kabid Upaya Kesehatan & Lintas Wilayah : dr. Yeni,M.H.
4. Kasi Pengendalian Karantina : dr. Rommer Simanungkalit.
5. Kasubbag Umum & Keuangan : Firdaus Yustisia , S.Km.,M.Kes

Kota Batam yang memiliki begitu banyak akses dan pintu masuk dari pelabuhan-pelabuhan yang tentu saja tidak dapat sepenuhnya dijaga dan diamankan serta diperiksa oleh Kantor Kesehatan Pelabuhan sehingga perlu koordinasi dan kerjasama lintas instansi untuk bersama-sama melakukan upaya pencegahan kemungkinan masuknya barang-barang berbahaya seperti barang yang mengandung bahan explosive, limbah berbahaya, bahan kimia berbahaya, orang yang terinfeksi virus penyakit berbahaya dan lain sebagainya.

whatsapp-image-2017-01-09-at-4-52-32-pm

“Kami ucapkan terimakasih atas kunjungan dari KBR Den Gegana ke kantor kami dan kami sangat senang. Selama ini KKP sudah menjalin kerjasama dengan Biddokes Polda Kepri dan dengan adanya kehadiran dari KBR Den Gegana ini sangat membantu kita untuk mengoptimalkan keberhasilan dalam pelaksanakan tugas di lapangan”, ujar Kepala KKP, dr.Anas Ma’ruf, M.Km. Dalam kesempatan diskusi ini juga telah di sepakati masing-masing pihak untuk bersama-sama memberikan pelayanan dan pengamanan kepada masyarakat kota Batam terhadap berbagai macam ancaman-ancaman penyakit, bioterorisme, barang-barang yang dicurigai sebagai bahan peledak (explosive) & zat adiktif (addictive) maupun obat-obat terlarang (narkoba) yang memungkinkan terdapat di kapal-kapal maupun pelabuhan Batam.

“Saya juga baru menjabat kurang lebih 6 bulan sebagai Kepala KKP kelas 1 Batam disini sehingga sangat perlu dukungan dan kerjasama dari Subden KBR Den Gegana yang sudah tentu memiliki peralatan dan perlengkapan deteksi dan proteksi yang lengkap untuk menanggulangi ancaman bahaya bioterorisme”, ujar Kepala KKP menambahkan. Sinergitas atau hubungan mitra tugas antara Subden KBR Detasemen Gegana dengan KKP Kelas I Batam ini tidak hanya dalam bidang operasional seperti surveillance bersama namun juga dalam bidang pengembangan SDM melalui program-program seminar, diskusi, pelatihan gabungan, pengenalan alat maupun pemahaman tentang SOP yang berlaku.

“Kejahatan terorisme semakin berkembang, hal ini terbukti dengan ditangkapnya terduga pelaku teroris di Kota Batam pada bulan Desember tahun 2016 lalu. Sehingga sangat penting menjalin kerjasama antar instansi untuk melakukan upaya pencegahan dan deteksi dini terhadap bahaya ancaman terorisme”, ujar Kanit KBR, Iptu Rifi Hamdani Sitohang, S.Sos mengakhiri diskusi.

No Response

Leave a reply "Mengawali 2017 Subden KBR Den Gegana Menjalin Mitra Tugas Dengan KKP Kelas I Batam"