Masyarakat Harus Lebih Peka terhadap Pendatang Baru di Lingkungan Tempat Tinggal

BATAM (Batamraya.com) – Himbauan Kabid Humas Polda Kepri AKBP Hartono, SH dalam rangka menjelang lebaran, hari raya idul fitri supaya lebih waspada demi keamanan dari para pelaku yang memanfaatkan situasi rumah yang ditinggal mudik. IMG_7659

“Momen lebaran seperti ini bisa saja di manfaatkan jaringan teroris. Untuk itu, Warga yang akan mudik meninggalkan rumah harus lebih waspada.” Ujar Kabid Humas di kantornya, Selasa (21/6/2016).

Kabid Humas juga meminta agar masyarakat Tingkatkan kewaspadaan terhadap kelompok radikal bebas seperti pengikut Kelompok Jaringan Santoso atau ISIS yang tenyebar di Wilayah Indonesia, agar masyarakat lebih peka terhadap orang baru yang masuk dalam lingkungan tempat tinggal.

Perangkat warga seperti ketua RT/RW harus mampu mengenali warga lama maupun yang baru dan jangan ragu untuk menegur jika ada tindakan warga yang mencurigakan segera laporkan kepada pihak kepolisian setempat. Berlakukan peraturan dalam lingkungan tempat tinggal jika ada tamu/pendatang baru wajib lapor bila lebih dari 1×24 jam.

Untuk anak-anak, para remaja agar lebih dipantau oleh orangtua setiap kegiatan atau aktifitas anak-anak jika kegiatan yang positif, orang tua harus lebih mendukung dan melarang apa saja kegiatan yang negatif.

Upaya tersebut dilakukan agar penanganan lebih cepat sehingga dapat mengatasi lebih efektif memberantas jaringan teroris tersebut dan agar dapat mewujudkan tetap terpeliharanya keamanan dan ketertiban di lingkungan tempat tinggalnya, peran serta seluruh komponen masyarakat sangat penting. (Ev)  

No Response

Leave a reply "Masyarakat Harus Lebih Peka terhadap Pendatang Baru di Lingkungan Tempat Tinggal"