Manfaat Konsumsi Kurma Selama Ramadhan, Simak Penjelasannya

kurma

BATAMRAYA.COM – Kurma adalah buah yang banyak tumbuh di daerah padang pasir, seperti negara-negara di Timur Tengah. Buah ini juga sering dianjurkan untuk dikonsumsi saat buka puasa pada bulan Ramadhan.

Apabila rajin mengkonsumsi kurma pada bulan Ramadhan, seperti sunah Nabi Muhammad SAW, ternyata juga memiliki manfaat baik bagi kesehatan.

Sejumlah penelitian juga telah membuktikan bahwa manfaat kurma untuk kesehatan tidak hanya untuk mereka yang berpuasa, tetapi juga bagi yang sedang diet.Melansir Healthline, Sabtu (25/4/2020), varietas kurma yang paling umum dikonsumsi adalah kurma Medjool dan Deglet Noor.

Selama bulan puasa, kurma jadi camilan paling populer. Sejak berbuka hingga waktu imsak, kurma menjadi sajian di meja makan dan ruang keluarga. Mengikuti sunah Nabi Muhammad SAW, banyak keluarga yang berbuka dengan menyantap tiga butir kurma terlebih dahulu. Tradisi ini terjadi di semua warga muslim di berbagai negara, termasuk di Indonesia.

Kurma sangat manis dan menyehatkan. Dikutip dari Times Indonesia, di bawah ini beberapa manfaat kurma yang perlu kamu tahu:

1. Meningkatkan kesehatan otak

Menyantap kurma setiap dari dapat mencegah otak dari stres oksidatif dan peradangan otak karena tingginya serat, fenolik, dan antioksidan alami, seperti asam proton. Zat polifenol dalam kurma juga bermanfaat mencegah alzheimer dan demensia.

2. Mencegah sembelit

Tingginya kadar serat dalam kurma dapat mencegah sembelit. Kurma dapat meningkatkan sistem pencernaan yang dapat mencegah sembelit.

3. Menyembuhkan gastritis

Serat yang larut dan tidak larut dalam kurma dapat menyembuhkan penyakit lambung, seperti gastritis. Kurma mengandung asam amino esensial yang bisa merangsang penyerapan makanan.

4. Mencegah anemia

Kurma bisa mencegah anemia. Ada beberapa jenis zinc dalam kurma yang bisa mencegah gejala anemia.

5. Mencegah penyakit jantung

Kurma terbukti efektif mencegah penyakit jantung. Ini telah dibuktikan dalam penelitian dan hasilnya telah diterbitkan dalam jurnal internasional.

Hasil penelitian membuktikan bahwa mengkonsumsi kurma dapat menjadi cara yang efektif untuk menurunkan kadar trigliserida dan stres oksidatif yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

Itulah manfaat kurma. Anda dapat mulai mengkonsumsi buah manis ini tidak hanya selama bulan Ramadhan, tetapi Anda dapat memakannya secara teratur sebagai makanan favorit untuk menjaga kesehatan Anda.

Sumber : liputan6.com

No Response

Leave a reply "Manfaat Konsumsi Kurma Selama Ramadhan, Simak Penjelasannya"