Kendaraan Rantis AWC Yang Membantu Pelaksanaan Tugas Polres Bintan

awc

Batamraya.com, Bintan – Rantis Armoured Water Canon adalah kendaraan taktis andalan Polri yang difungsikan untuk menghadapi demonstran yang anarkis.  Kendaraan ini merupakan produksi Daejicar Korea Selatan dan kendaraan ini sering berada dalam garis terdepan menghadapi demonstran dan memiliki banyak fungsi.

Selain berfungsi untuk menghadapi demostran yang anarkis, kendaraan ini juga berfungsi untuk membantu tugas kepolisian yang lainnya seperti membantu menanggulangi kebakaran hutan dan lahan, membantu menyalurkan air bersih kepada daerah yang mengalami kekeringan ketika musim kemarau, karena muatan dari kendraan Rantis AWC DWC6500 ini sanggup membawa 6.500 liter air sekali jalan.

Hal-hal lain yang dimanfaatkan kendaraan rantis ini oleh Polres Bintan adalah ketika terjadi insiden kebakaran di Kantor Bupati Bintan tampak Rantis AWC ini yang pertama kali tiba di Tempat Kejadian Perkara untuk melakukan upaya pemadaman, begitu juga saat kejadian kebakaran hutan dan lahan di Kec. Seri Kuala Lobam dan Kec. Gunung Kijang Rantis AWC ini ikut andil dalam penanggulangan karhutla membantu UPT Damkar Kab. Bintan.

Saat memasuki musim kemarau yang panjang di Kab. Bintan, kehadiran Rantis AWC senantiasa ditunggu oleh masyarakat yang mengalami kekeringan, karena kendaraan ini kerap menyalurkan air bersih ke tempat pemukiman warga dalam mengatasi problem sosial akibat kekurangan air bersih.

awc1

“Daya tampung muatan yang cukup banyak serta didukung daya gerak menjadikan kendaraan taktis ini efektif dalam segala medan khususnya dalam menjalankan misi kemanusiaan” pungkas Kapolres Bintan AKBP Boy Herlambang, SIK.

Kapolres Bintan menambahkan, kendaraan Rantis AWC milik Polres Bintan ini fungsi utamanya yakni sebagai kendaraan taktis dalam pengendalian aksi massa yang anarkis namun digunakan dalam mendukung tugas kepolisian antara lain penyaluran air bersih di pemukiman masyarakat yang dilanda kekeringan serta membantu pihak Damkar Kab. Bintan dalam penanggulangan karhutla yang kerap terjadi akhir-akhir ini.

No Response

Leave a reply "Kendaraan Rantis AWC Yang Membantu Pelaksanaan Tugas Polres Bintan"